Viral #AgeChallenge, FaceApp Ternyata Punya Risiko Bahaya Ini

Trending

Fun / Trending

Viral #AgeChallenge, FaceApp Ternyata Punya Risiko Bahaya Ini

Viral #AgeChallenge, FaceApp Ternyata Punya Risiko Bahaya Ini

KEPONEWS.COM - Viral #AgeChallenge, FaceApp Ternyata Punya Risiko Bahaya Ini Ilustrasi software FaceApp pada ponsel pintar. [Shutterstock] Hashtag #AgeChallenge menduduki trending topik di Twitter yang menandakan keramaian ini tengah viral di antara netizen. Namun tahukah kam...

Ilustrasi software FaceApp pada ponsel pintar. [Shutterstock]

Hashtag #AgeChallenge menduduki trending topik di Twitter yang menandakan keramaian ini tengah viral di antara netizen. Namun tahukah kamu, ada bahaya yang mengincar di balik viral foto wajah tua dengan FaceApp ini?

Para selebriti pun tidak mau ketinggalan. Namun, ada sisi yang menyeramkan dari software FaceApp (software wajah tua) yang harus diketahui pengguna Android dan iOS.

Terlepas apakah kamu memakai iPhone atau perangkat Android, FaceApp mengatakan bahwa dengan memakai layanannya itu dapat menyimpan gambar kamu.

Menurut Kebijakan Privasi software, tertulis kalau perusahaan berhak mengumpulkan semua gambar yang kamu unggah ke layanan.

Parahnya lagi, dilansir dari Metro, dalam ketentuan juga dicantumkan bahwa software dapat mengumpulkan konten lain yang mencakup foto dan materi lain yang kamu posting melalui FaceApp.

Masalah ini terungkap setelah seorang pengembang bernama Joshua Nozzi memposting di Twitter bahwa software tersebut mencoba mengunggah foto-foto lain dari kotak penyimpanan di ponselnya ke platformnya.

Namun, tidak semua orang setuju bahwa software secara otomatis mulai melakukan rooting di perpustakaan foto kamu.

Agnez Mo ikutan gunakan aplikasi FaceApp. (Instagram/@agnezmo)Agnez Mo ikutan gunakan software FaceApp. (Instagram/@agnezmo)

Mengingat jumlah data sensitif yang dimiliki orang dalam peredaran foto ponsel mereka. Kamu harus selalu berhati-hati sebelum menginstal software baru dan memberikannya akses ke kumpulan foto kamu.

Jangan salah, FaceApp sedang menyimpan foto yang kamu unggah ke sana.

Kebijakan perusahaan menyatakan bahwa ia tidak akan menyewakan atau menjual berita kamu kepada pihak ketiga di luar FaceApp, tetapi ia secara eksplisit mengatakan bahwa ia membagikan berita dengan mitra iklan pihak ketiga.

Meskipun ada kekhawatiran perihal privasi, FaceApp telah menyalakan internet untuk kedua kalinya berkat filter usia.

Postingan FaceApp. [Twitter]Postingan FaceApp. [Twitter]

Software yang dikembangkan Rusia pertama kali menjadi viral pada 2017, tetapi telah muncul kembali semenjak menambahkan opsi bagi pengguna untuk meningkatkan usia mereka.

Informasi baiknya ialah, setiap saat pengguna dapat mengirim permintaan ke software wajah tua ini untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak berita pribadi mereka disimpan.

Di bawah undang-undang GDPR, sebuah perusahaan dapat diminta untuk menghapus berita pribadi kamu kecuali mereka dapat membuktikan bahwa mereka perlu menyimpannya.

Itulah bahaya yang mengancam pengguna iOS dan Android dari software FaceApp yang viral ini. ( Dythia Novianty).

Comments