Video: Tepuk-tepuk Lengan Kiri untuk Atasi Serangan Jantung

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Video: Tepuk-tepuk Lengan Kiri untuk Atasi Serangan Jantung

Video: Tepuk-tepuk Lengan Kiri untuk Atasi Serangan Jantung

KEPONEWS.COM - Video: Tepuk-tepuk Lengan Kiri untuk Atasi Serangan Jantung Jakarta - Dalam sebuah video yang cukup viral, ada anjuran untuk menepuk-nepuk lengan kiri saat mengalami serangan jantung. Konon ada tiga titik di bagian tersebut yang terhubung dengan jantung dan pa...
Jakarta - Dalam sebuah video yang cukup viral, ada anjuran untuk menepuk-nepuk lengan kiri saat mengalami serangan jantung. Konon ada tiga titik di bagian tersebut yang terhubung dengan jantung dan paru-paru.

Menepuk-nepuk bagian ini, menurut berita yang menyertai video viral tersebut, bisa melancarkan peredaran darah dan mencegah menggumpalan darah. Ini dilakukan sebelum pasien dibawa ke rumah sakit.

Ketika seseorang mengalami serangan jantung, maka yang biasanya terjadi ialah kepanikan. Apapun akan dilakukan dengan harapan bisa menyelamatkan nyawa pasien. Termasuk, cara-cara praktis yang banyak beredar melalui broadcast message seperti ini.

Serba salah memang. Menunggu pertolongan medis tentu bisa datang seketika, sementara pasien harus berpacu dengan waktu. Cara-cara seperti menepuk-nepuk lengan kiri, lalu dianggap sebagai ikhtiar, walaupun oleh dokter dianggap bukan cara yang tepat.

"Ikhtiarnya dengan sesegera mungkin ke RS atau klinik terdekat. Jangan dikerok dulu atau kasih minyak angin dulu, dan lain lain," kata dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA, dokter jantung dari RS Mayapada.

Saran dr Ayu, demikian ia biasa disapa, ada benarnya. Terkadang, pasien terlambat mendapat pertolongan medis karena lebih memilih cara-cara yang belum teruji secara ilmiah. Termasuk dengan menepuk-nepuk lengan kiri, yang menurut dr Ayu tidak dikenal di dunia medis.

Bagaimana menurutmu, apa yang kamu lakukan seandainya (amit-amit) di sekitarmu ada yang mengalami serangan jantung? Tulis di komentar ya.

Simak juga video 20detik berikut ini:

(up/up) Video: Tepuk-tepuk Lengan Kiri untuk Atasi Serangan Jantung

Comments