Video detik-detik menara Gereja Notre Dame jatuh saat kebakaran

Nasional

News / Nasional

Video detik-detik menara Gereja Notre Dame jatuh saat kebakaran

Video detik-detik menara Gereja Notre Dame jatuh saat kebakaran

KEPONEWS.COM - Video detik-detik menara Gereja Notre Dame jatuh saat kebakaran Peristiwa mengejutkan terjadi di Paris, Prancis. Gereja penuh sejarah Notre Dame terbakar pada Senin malam (15/4) waktu setempat. Setidaknya 400 anggota pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan s...

Peristiwa mengejutkan terjadi di Paris, Prancis. Gereja penuh sejarah Notre Dame terbakar pada Senin malam (15/4) waktu setempat. Setidaknya 400 anggota pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah yang melalap bagian atas gereja katedral ini.

Upaya personel pemadam untuk menjinakkan api mengalami kendala karena letak gereja yang berada di pusat kota. Tak hanya itu kebakaran terjadi pada jam sibuk. Api yang menyala mulai dari atap ini kemudian menjalar ke beberapa bagian gereja katedral, termasuk puncak menara lonceng. Akibatnya menara dari gereja yang dibangun pada abad ke-12 ini runtuh.

Video detik-detik jatuhnya puncak menara Notre Dame berhasil diabadikan oleh masyarakat yang kebetulan menyaksikan kejadian itu. Terekam dari jauh, menara itu mulai terlihat tidak stabil semenjak terbakar api. Puncaknya sekitar pukul 19.53 waktu setempat, menara ikonik dari gereja ini pun roboh.

#Paris Built in 1163.Took 200 years to complete.-It survived revolutions, plagues& world wars. -&now, the evening of April 15th 2019 the Notre Dame in Paris burns. -All history gone-The world stands helpless as history disappears before our eyes #NotreDame pic.twitter.com/6WImuL2VWb

Harshal (@iHarshalWatts) April 16, 2019

Dari video yang beredar di sosmed, terlihat puncak yang runcing itu jatuh perlahan-lahan seiring asap hitam membumbung. Dari kejauhan tampak orang-orang baik masyarakat setempat maupun turis yang menyaksikan kejadian nahas ini dari kejauhan.

Dilansir dari laman nytimes, Selasa (16/4), belum diketahui pasti penyebab kebarakan ini. Tapi menurut saksi mata yang melihat, awalnya api terlihat dari sekitar scaffolding yang didirikan untuk keperluan renovasi. Peristiwa ini direspons cepat oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Ketika kabar ini beredar, beliau langsung mengunjungi lokasi kejadian.

pic.twitter.com/PMGzgGlvyI

Hash Miser (@H_Miser) April 15, 2019

Gereja Notre Dame merupakan salah satu gereja paling bersejarah yang ada di Prancis. Didirikan pada sekitar abad ke-12, gereja ini jadi saksi sejarah revolusi besar yang pernah terjadi di Prancis dan juga saksi dari Perang Dunia.

Gereja ini mempunyai arsitektur gotik ini menjadi monumen kedua terpopuler setelah Menara Eiffel. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, gereja katedral ini juga sebagai ikon wisata. Setiap tahunnya Notre Dame dikunjungi sekitar 13 juta wisatawan.

Recommended By Editor Video detik-detik menara Gereja Notre Dame jatuh saat kebakaran

Comments