Vaksin Pfizer Mulai Diuji Coba ke Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Vaksin Pfizer Mulai Diuji Coba ke Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

Vaksin Pfizer Mulai Diuji Coba ke Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

KEPONEWS.COM - Vaksin Pfizer Mulai Diuji Coba ke Anak Usia 5 hingga 11 Tahun PERUSAHAAN farmasi Pfizer-BioNTech mulai melakukan uji coba vaksin covid-19 buatannya ke anak usia 5 hingga 11 tahun. Menurut berita yang beredar, uji coba Vaksin Pfizer tersebut sudah memasuki uji kl...

PERUSAHAAN farmasi Pfizer-BioNTech mulai melakukan uji coba vaksin covid-19 buatannya ke anak usia 5 hingga 11 tahun. Menurut berita yang beredar, uji coba Vaksin Pfizer tersebut sudah memasuki uji klinis tahap akhir.

Seperti dilaporkan laman Daily Mail, dalam uji klinis tahap akhir tersebut Vaksin Pfizer bakal melibatkan 4.500 peserta dari 100 lokasi uji klinis di 26 negara bagian, termasuk di Finlandia, Polandia, dan Spanyol.

Di sisi lain, Pfizer sudah merancang uji coba vaksin covid-19 untuk anak usia 6 bulan hingga 4 tahun, tapi ini masih tahap awal dan akan berjalan begitu para peneliti mendapat kepastian soal keamanan vaksin untuk usia tersebut.

Kemenkes Israel Sebut Vaksin Pfizer Bisa Sebabkan Radang Jantung

Lantas, seperti apa uji klinisnya?

Sebagaimana dilansir laman Clinicaltrials.gov, penelitian Vaksin Pfizer untuk anak-anak dilakukan tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah dikerjakan terhadap anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Jadi, setengah peserta akan mendapat 2 dosis Vaksin Pfizer dengan jarak 21 hari dan separuh lainnya disuntikkan plasebo.

Dari uji klinis ini, peneliti akan mengamati keamanan, tolerabilitas, dan respons imun yang dihasilkan dari vaksin, kemungkinan juga akan mengukur tingkat antibodi pada subjek muda.

Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Reuters)

Data studi mencatat, di antara peserta ada Russell Bright (7 tahun) dan Tucker Bright (5). Dua bocah itu terdaftar sebagai peserta studi di Ochsner Medical Center di Louisiana.

Jadi, kakak-adik tersebut awalnya diperiksa suhu tubuh dan tekanan darah, lalu swab PCR pun dilakukan, termasuk pengambilan darah untuk tes dan kemudian diberikan suntikan vaksin atau plasebo. Tidak ada yang tahu siapa yang mendapatkan vaksin atau plasebo karena itu bagian dari kerahasiaan studi.

Anak Usia 12 hingga 15 Tahun Bisa Divaksin Covid-19 Pakai Pfizer!

"Saya ingin melakukan bagian saya dan anak-anak saya melakukan bagian mereka," kata Adam Bright, ayah dari Russell dan Tucker, kepada laman Associated Press.

"Saya dan istri sudah divaksin. Jadi, makin cepat saya bisa memvaksin mereka, maka saya akan merasa lebih nyaman saat mereka main di luar dan tak harus memakai masker dengan segera. Saya pikir cara termudah untuk mendapatkannya ialah dengan melalui uji coba," tambah Adam.

Comments