Vaksin Jadi Cara Ampuh Turunkan Angka Demam Berdarah, Kalau Pencegahan Di Rumah Bagaimana?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Vaksin Jadi Cara Ampuh Turunkan Angka Demam Berdarah, Kalau Pencegahan Di Rumah Bagaimana?

Vaksin Jadi Cara Ampuh Turunkan Angka Demam Berdarah, Kalau Pencegahan Di Rumah Bagaimana?

KEPONEWS.COM - Vaksin Jadi Cara Ampuh Turunkan Angka Demam Berdarah, Kalau Pencegahan Di Rumah Bagaimana? Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang masih perlu diperhatikan dalam dunia kesehatan. Pasalnya, dalam data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di tahun 2022, menunjukkan kasus yang men...

Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang masih perlu diperhatikan dalam dunia kesehatan. Pasalnya, dalam data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di tahun 2022, menunjukkan kasus yang mencapai 142.294 dengan angka kematian 1.117.

Angka yang masih tinggi ini justru mengkhawatirkan alasannya adalah angka tersebut mengalami kenaikan dua kali lipat. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Direktorat Jenderal P2P, Kementerian Kesehatan RI, dr. Imran Pambudi, MPHM, mengatakan, peluang angka demam berdarah juga bisa meningkat.

Apalagi dengan adanya fenomena el nino yang membuat nyamuk menjadi cepat berkembang biak. Hal tersebut dapat berisiko membuat angka demam berdarah meningkat.

Positif terinfeksi demam berdarah. (Shutterstock)Positif terinfeksi demam berdarah. (Shutterstock)

Angka ini juga bisa meningkat jikalau ada fenomena el nino, terutama untuk daerah perkotaan biasanya lebih tinggi, ucap dr. Imran dalam diskusi media Membuka Jalan Menuju Pencegahan Inovatif Terhadap Demam Berdarah Dengue bersama Takeda, Minggu (5/1/2023).

5 Fakta Isu Vaksin Booster Kedua Jadi Syarat Mudik 2023, Aturan Berubah Jelang Lebaran?

Dengan adanya risiko tersebut, dibutuhkan upaya untuk mencegah angka penularan demam berdarah semakin banyak. Salah satu hal yang juga dapat menekan angka demam berdarah yaitu dengan melakukan vaksinasi serta meningkatkan kesadaran dan pencegahan di masyarakat.

Kami terus lakukan upaya promotif dan preventif untuk mencegah dan meningkatkan kesadaran serta pertimbangan untuk melakukan vaksinasi di masyarakat, jelas dr. Irman.

Sejalan dengan dr. Irman, Dokter Spesialis Anak, Prof. Dr. dr. Hartono Gunardi, Sp.A(K), mengatakan, vaksinasi menjadi cara yang ampuh untuk menekan angka penyakit demam berdarah di masyarakat. Hal ini juga menjadi cara untuk mengurangi risiko anak yang sakit hingga harus melakukan rawat inap.

Adanya vaksin demam berdarah ini diharapkan bisa mengurangi risiko seorang anak sakit demam berdarah dan mengurangi risiko rawat inap serta demam berdarah berat, ujar dr. Hartono.

Pencegahan di rumah

Mau Mudik Lebaran 2023, Haruskah Vaksin Booster Kedua?

Tidak hanya itu, dr. Hartono memaparkan, demam berdarah juga bisa dicegah dengan melakukan banyak sekali hal. untuk mencegah demam berdarah di antaranya sebagai berikut.

Melakukan 3M (Menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat semua tempat penampungan air, memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang)).

Menjaga sarang nyamuk agar tidak berkembang.

Kalau anak keluar rumah bisa memakai baju tertutup atau bisa perlu memakai insect repellent.

Di rumah hindari gantungan baju, kalau ada genangan air atau kolam masukkan ikan pemakan jentik.

Kalau di rumah ada pot-pot tanaman boleh digunakan tanaman pengusir nyamuk seperti lavender atau tanaman lainnya.

Comments