Usia Berapa Anak Mulai Dikenalkan Pasta Gigi?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Usia Berapa Anak Mulai Dikenalkan Pasta Gigi?

Usia Berapa Anak Mulai Dikenalkan Pasta Gigi?

KEPONEWS.COM - Usia Berapa Anak Mulai Dikenalkan Pasta Gigi? Perawatan gigi si kecil harus dimulai semenjak dini.Anak dengan gigi bersih dan sehat kelak cenderung lebih percaya diri ketika mengajukan pertanyaan pada gurunya dan berdiskusi langsung dengan diriny...

Perawatan gigi si kecil harus dimulai semenjak dini.

Anak dengan gigi bersih dan sehat kelak cenderung lebih percaya diri ketika mengajukan pertanyaan pada gurunya dan berdiskusi langsung dengan dirinya.

Konsentrasinya pun jauh lebih baik karena tidak ada keluhan dalam rongga mulutnya. Tentu hal positif ini dapat memengaruhi prestasinya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Mama ketahui sebelum mengajarkan anak menggosok gigi:

Kapan mulai belajar? Menurut Juliette Scott, dokter gigi spesialis gigi anak dari Australian

Dental Association, kebiasaan merawat gigi dan lisan bisa dimulai semenjak bayi berusia 4 bulan. Mama bisa menggunakan kasa steril basah untuk membersihkan bagian dalam verbal si kecil sambil memberi sedikit pijatan pada gusi.

Perlukah pasta gigi? Menurut Drg Idial Trixi Aspaningrum SpKGA, Brawijaya Clinic, sebelum umur 1 tahun, penggunaan pasta gigi belum perlu, karena anak belum mengonsumsi makanan padat.

Setelah umur 1 tahun, ketika anak mulai makan makanan padat, diharapkan detergen untuk melepas perlekatan sisa makanan dari gigi.

Untuk itu, anak mulai dikenalkan dengan penggunaan pasta gigi ketika membersihkan giginya.

Pasta gigi yang baik. Pasta gigi untuk balita ialah pasta gigi dengan kandungan flouride dan detergen yang sangat sedikit serta tidak mengandung pemutih sehingga aman bila tertelan pada anak yang belum bisa untuk berkumur dengan baik.

Usia Berapa Anak Mulai Dikenalkan Pasta Gigi?

Comments