USB 4.0 Segera Diluncurkan, Kecepatannya Tembus 40 Gbps

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

USB 4.0 Segera Diluncurkan, Kecepatannya Tembus 40 Gbps

USB 4.0 Segera Diluncurkan, Kecepatannya Tembus 40 Gbps

KEPONEWS.COM - USB 4.0 Segera Diluncurkan, Kecepatannya Tembus 40 Gbps Ilustrasi USB 4.0. (Gizmochina) Sebelum USB muncul, komputer dilengkapi dengan port serial dan port paralel untuk menyambungkan perangkat ke komputer. Kini perkembangan sudah semakin pesat dan sebent...

Ilustrasi USB 4.0. (Gizmochina)

Sebelum USB muncul, komputer dilengkapi dengan port serial dan port paralel untuk menyambungkan perangkat ke komputer. Kini perkembangan sudah semakin pesat dan sebentar lagi akan muncul USB 4.0.

Ketika port masih jadul, baik port paralel atau port serial digunakan oleh beberapa perangkat pendukung seperti mouse, keyboard, joystick dan printer.

Expansion card dan driver khusus seringkali diharapkan untuk menghubungkan perangkat.

Port paralel mentransfer data sekitar 100 kilobyte per detik, sedangkan port serial berkisar antara 115 hingga 450 kilobit per detik.

Masalah mengenai port hilang dengan diperkenalkannya teknologi USB.

Teknologi USB pertama dikembangkan pada tahun 1994. Perangkat yang merevolusi port itu diciptakan oleh Ajay Bhatt dari Intel dan USB-IF (USB Implementers Forum, Inc).

Perkembangan USB dari tahun ke tahun. (Anand Tech)Perkembangan USB dari tahun ke tahun. (Anand Tech)

Organisasi tersebut terdiri dari para pemimpin industri seperti Intel, Microsoft, Compaq, LSI, Apple dan Hewlett-Packard.

Bila kamu merupakan generasi 90-an USB sangat berperan dalam keseharianmu. Melalui flashdisk USB atau hardisk dengan kabel USB, kita dengan mudah bisa mengopi film, game, atau file penting lainnya.

USB 2.0 ialah USB yang akrab di indera pendengaran generasi 90-an dan telah berubah lebih cepat ke generasi USB 3.0 pada tahun 2009.

USB Promoter Group sekarang berencana untuk merilis USB 4.0.

Menurut perinciannya, standar baru ini didasarkan pada protokol Thunderbolt dari Intel dan menyokong banyak sekali fasilitas.

USB generasi terbaru. (Thunderbolt)USB generasi terbaru. (Thunderbolt)

USB terbaru akan mempunyai kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, tampilan antarmuka, dan pengiriman daya.

Dikutip dari AnandTech, antarmuka baru ini dikatakan masih mempertahankan USB Type-C.

Selain itu, USB 4.0 juga akan mempertahankan kompabilitas dengan USB 2.0, USB 3.2, dan antarmuka Thunderbolt 3.

USB Promoter Group memperkirakan USB 4.0 akan diluncurkan pada pertengahan 2019.

Menjelang rilis yang dijadwalkan, lebih dari 50 perusahaan dilaporkan berpartisipasi aktif dalam tahap akhir pengembangan spesifikasi USB 4.0.

Comments