UPDATE Nasib Black Box Ukraine Airlines Telah Ditentukan, Analisis Akan Coba Dilakukan di Ukraina

Internasional

News / Internasional

UPDATE Nasib Black Box Ukraine Airlines Telah Ditentukan, Analisis Akan Coba Dilakukan di Ukraina

UPDATE Nasib Black Box Ukraine Airlines Telah Ditentukan, Analisis Akan Coba Dilakukan di Ukraina

KEPONEWS.COM - UPDATE Nasib Black Box Ukraine Airlines Telah Ditentukan, Analisis Akan Coba Dilakukan di Ukraina Iran akan mengirim black box atau kotak hitam pesawat Ukraine Airlines yang tak sengaja ditembak jatuh tentara Iran pada 8 Januari lalu kepada Ukraina. Sebelumnya, nasib akan dikemanakan black box mas...

Iran akan mengirim black box atau kotak hitam pesawat Ukraine Airlines yang tak sengaja ditembak jatuh tentara Iran pada 8 Januari lalu kepada Ukraina.

Sebelumnya, nasib akan dikemanakan black box masih menjadi pernyataan.

Kalau sebuah negara di mana terjadinya kecelakaan tidak mempunyai teknologi untuk menganalisis data, maka kotak hitam akan dikirim ke negara-negara yang mempunyai pengalaman luas serta mempunyai alat untuk membaca data penerbangan mentah.

Inggris, AS, Prancis dan Australia mempunyai teknologi tersebut.

Iran sebelumnya berniat menganalisis sendiri kotak hitam itu, tapi akhirnya menyerahkannya pada Ukraina untuk percobaan pembacaaan data.

Iran ajak pihak luar baik Boeing, Ukraina, dan lainnya untuk investigasi dan membuka kotak hitam atas insiden jatuhnya pesawat Ukraine International Airlines Iran ajak pihak luar baik Boeing, Ukraina, dan lainnya untuk investigasi dan membuka kotak hitam atas insiden jatuhnya pesawat Ukraine International Airlines (Kolase Foto (WNA dan Wikimedia))

Hassan Rezaifar, direktur yang bertanggung jawab atas investigasi kecelakaan di Organisasi Penerbangan Sipil Iran mengatakan, Iran juga mempersiapkan untuk meminta bantuan analisis ahli dari Perancis, Kanada dan AS untuk mencoba membaca rekaman data penerbangan.

Dilansir CNN.com, jikalau ahli dari Kiev tidak bisa mengekstrak data, maka black box itu akan dikirimkan ke Prancis, ungkap Rezaifar.

"Atas permintaan Ukraina, kotak hitam Ukraine Airlines tidak akan dibaca di Iran, tapi akan dikirim ke Ukraine untuk analisis dan pembacaan," ujar Rezaifar pada Tasnim.

Keputusan Iran untuk mengirim kotak hitam ke Ukraine hanya berselang satu hari setelah Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau meminta Iran untuk bekerja dengan Perancis.

PM Kanada Justin Trudeau PM Kanada Justin Trudeau (CBC News)

Diketahui Perancis mempunyai kemampuan teknis canggih dalam membaca penerbangan dan perekam data kokpit.

Comments