UPDATE: Dianggap Lecehkan Guru, Iklan Hago Diminta KPI Untuk Berhenti Tayang

Games

Updates / Games

UPDATE: Dianggap Lecehkan Guru, Iklan Hago Diminta KPI Untuk Berhenti Tayang

UPDATE: Dianggap Lecehkan Guru, Iklan Hago Diminta KPI Untuk Berhenti Tayang

KEPONEWS.COM - UPDATE: Dianggap Lecehkan Guru, Iklan Hago Diminta KPI Untuk Berhenti Tayang Meskipun telah lulus sensor, secara mendasar iklan pun harus menghormati etika yang berlaku di masyarakat. Duniaku.net- Baru saja, KPI melayangkan pernyataan resmi atas iklan HAGO yang dinilai kontrov...

Meskipun telah lulus sensor, secara mendasar iklan pun harus menghormati etika yang berlaku di masyarakat.

Duniaku.net- Baru saja, KPI melayangkan pernyataan resmi atas iklan HAGO yang dinilai kontroversial dan menuai komplain wacana nilai-nilai guru dan murid di Indonesia.

Sumber: Laman Facebook resmi Komisi Penyiaran Indonesia Pusat

Dilansir dari situs resmi KPI, Iklan tersebut dinilai tidak sesuai dengan adab dan kesopanan yang berlaku di masyarakat seperti yang ditegaskan Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodiyah, usai rapat penjatuhan hukuman di KPI Pusat, Selasa (14/5/2019).

Dalam iklan tersebut ditampilkan adegan guru di sebuah lembaga pendidikan yang memperlakukan murid yang terlambat masuk kelas secara spesial, hal tersebut dikarenakan murid menang dalam permainan game dengan guru, kata Nuning memaparkan bentuk pelanggaran dalam iklan tersebut.

Selain meminta berhenti, lanjut Nuning, KPI juga memberikan hukuman teguran tertulis ke Lembaga penyiaran yang menayangkan Iklan HAGO. Lembaga penyiaran yang mendapatkan hukuman teguran antara lain MNC TV, RCTI, Net TV, SCTV, Trans TV dan Trans 7.

Menurut Nuning, meskipun telah lulus dalam syarat administratif tayang dengan berupa Surat Tanda Lulus Sensor (STLS), secara mendasar iklan pun harus menghormati etika yang berlaku di masyarakat, Apalagi setting cerita iklan terebut ada di Lembaga Pendidikan, ujarnya.

Keluhan atas iklan yang viral ini berawal dari pos Facebook di tanggal 8 Mei dalam sosmed yang mengkomplain bahwa para guru kehilangan wibawa melalui citra yang disampaikan iklan tersebut.

Sumber: Facebook

Dalam waktu kurang lebih satu minggu perbincangan wacana iklan ini pun viral dan berujung pada tindakan KPI yang menegaskan agar iklan tersebut ditarik dari peredaran.

Update: Pihak HAGO telah mengeluarkan pernyataan resmi berkaitan dengan konten iklan HAGO melalui akun instagram resmi @hagoid. Kamu bisa membaca pernyataan tersebut selengkapnya di bawah ini:

Apa pendapatmu wacana iklan HAGO tersebut? Apakah ia layak ditonton ataukah tidak? Bagikan opinimu melalui kolom komentar di bawah.

Sumber: Komisi Penyiaran Indonesia

Comments