Unjuk rasa di Hong Kong: Demonstran menerobos masuk ke gedung parlemen

Internasional

News / Internasional

Unjuk rasa di Hong Kong: Demonstran menerobos masuk ke gedung parlemen

Unjuk rasa di Hong Kong: Demonstran menerobos masuk ke gedung parlemen

KEPONEWS.COM - Unjuk rasa di Hong Kong: Demonstran menerobos masuk ke gedung parlemen Para pengunjuk rasa di Hong Kong memaksakan diri masuk ke jantung pemerintah dengan menerobos ke ruangan dewan legislatif, hari Senin (01/07). Ratusan demonstran memakai tongkat-tongkat logam untuk bi...

Para pengunjuk rasa di Hong Kong memaksakan diri masuk ke jantung pemerintah dengan menerobos ke ruangan dewan legislatif, hari Senin (01/07).

Ratusan demonstran memakai tongkat-tongkat logam untuk bisa masuk, merusak foto-foto dan mengibarkan bendera Inggris, di hari peringatan penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China.

Polisi antihuru-hara mundur setelah sebelumnya menembakkan gas air mata.

Aksi demonstrasi awalnya dipicu oleh rancangan undang-undang ekstradisi yang memungkinkan penyerahan terduga atau terdakwa ke China daratan.

hong kongReuters Bentrok polisi dan pengunjuk rasa di Hong Kong diperkirakan terus berlangsung.

Gelombang protes membuat pemerintah menunda pembahasan RUU namun tidak membatalkannya.

Pemerintah Hong Kong mengecam keras aksi protes yang diwarnai kekerasan, namun pegiat prodemokrasi, Martin Lee, kepada BBC mengatakan para pengunjuk rasa punya alasan kuat dan mereka juga tak setuju dengan cara-cara polisi menangani demonstrasi.

Para demonstran berkeras mendesak agar RUU tersebut dicabut, istilah "kerusuhan" ditarik dalam memaparkan unjuk rasa besar-besaran pada 12 Juni, semua tahanan pegiat dibebaskan , dan sangkaan kekerasan polisi diselidiki.

Mereka juga menuntut Pemimpin Hong Kong, Kepala Eksekutif Carrie Lam, mengundurkan diri.

Hong KongReuters Polisi memakai tameng dan tongkat pentungan untuk membubarkan kerumunan massa. Apa yang terjadi pada Senin 1 Juli?

Upacara pengibaran bendera untuk memperingati penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China berlangsung di Hong Kong Convention and Exhibition Centre dengan penjagaan ketat polisi.

Aparat mengatakan para demonstran mulai memblokade sejumlah jalan menuju lokasi acara pada Minggu (30/06) pagi, memakai barikade logam dan plastik.

Comments