UNHCR Catat Ada 25 Juta Orang Berstatus Pengungsi Sepanjang 2018

Internasional

News / Internasional

UNHCR Catat Ada 25 Juta Orang Berstatus Pengungsi Sepanjang 2018

UNHCR Catat Ada 25 Juta Orang Berstatus Pengungsi Sepanjang 2018

KEPONEWS.COM - UNHCR Catat Ada 25 Juta Orang Berstatus Pengungsi Sepanjang 2018 Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami JAKARTA - Isu pengungsi yang berasal dari luar negeri masih jadi perhatian dibeberapa negara, tidak terkecuali di Indonesia. Ann Maymann, representati...
Loading...

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

JAKARTA - Isu pengungsi yang berasal dari luar negeri masih jadi perhatian dibeberapa negara, tidak terkecuali di Indonesia.

Ann Maymann, representatif United Nation High Commisioner for Refugess (UNHCR) Indonesia mengatakan perlunya membangun simpati dan dukungan publik bagi pengungsi.

Hampir Sepekan, 697 Korban Banjir di Jakarta masih Mengungsi

"UNHCR mencatat jumlah perpindahan terpaksa yang tertinggi sepanjang sejarah mencapai 70,8 juta orang (tahun 2019). Dari jumlah ini sekiranya 25 juta orang di antaranya merupakan berstatus pengungsi," ujarnya dalam media brefing UNHCR Untuk Perlindungan Pengungsi di Indonesia dan Peliputan Media, di Hotel Akmali, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Saat ini di Indonesia terdapat 13.000 pengungsi dari 45 negara asal yang berada di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut lebih dari 50 persen berasal dari Afghanistan, selanjutnya diikuti pengungsi yang berasal dari Somalia dan Iraq.

"Apabila dibandingkan dengan jumlah pengungsi di negara lain, di Indonesia jumlah pengungsinya lebih rendah. Di Bangladesh tercatat ada 1 juta pengungsi disana, sementara Malaysia mencatat lebih dari 170.000 pengungsi," ujar Ann dalam pemaparannya

Semenjak tahun 1979, UNHCR resmi muncul di Indonesia untuk membantu pemerintah menangani perlindungan pengungsi di negara ini.

Ann, selaku representatif UNHCR yang baru di Indonesia untuk menggantikan Thomas Vargas berterimakasih atas kerja pemerintah Indonesia dalam memberikan perlindungan pengungsi di sini.

Sahabat Dekat: Reynhard Sinaga ialah Pria Manis yang Disukai Semua Orang

Kendati Indonesia belum meratifikasi Konvensi 1951 perihal pengungsi dsn protokolnya, Ann mengatakan Indonesia telah mempunyai sejarah panjang dalam memberikan perlindungan kepada para pengungsi yang dimulai semenjak adanya krisis pengungsi Indocina tahun 1970.

"UNHCR sangat berterimakasih atas kolaborasi yang erat dan baik dengan Pemerintah Indonesia yang telah terjalin bertahun-tahun. Adanya peraturan Presiden nomor 125 tahun 2016, secara jelas membuktikan komitmen jangka panjang Indonesia dalam memberikan keamanan dan keselamatan bagi pengungsi," ujar Ann.

UNHCR Catat Ada 25 Juta Orang Berstatus Pengungsi Sepanjang 2018

Comments