UMKM Berharap Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia Diperpanjang

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

UMKM Berharap Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia Diperpanjang

UMKM Berharap Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia Diperpanjang

KEPONEWS.COM - UMKM Berharap Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia Diperpanjang JAKARTA Para pelaku UMKM berharap Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) diperpanjang. Pasalnya, pelaku UMKM merasakan dampak positif stimulus. Semenjak mengikuti program ini, transaksi mere...

JAKARTA Para pelaku UMKM berharap Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI) diperpanjang. Pasalnya, pelaku UMKM merasakan dampak positif stimulus.

Semenjak mengikuti program ini, transaksi mereka melonjak. Program ini berjalan semenjak 1 November hingga 12 Desember. Esti Kriswandari, pelaku UMKM yang menjual batik di salah satu e-commerce partner PSBBI, menyebut program ini sangat membantu masyarakat khususnya pengusaha produk lokal.

Resmi Dibuka, IFRA Hybrid Business Expo 2021 Majukan Industri UMKM di Indonesia

Karenanya dia berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperpanjang program ini hingga akhir tahun. Esti yakin menjelang Natal dan Tahun Baru 2022 nanti permintaan masyarakat terhadap produk UMKM akan terus meningkat.

Komentar senada dilontarkan pelaku UMKM lainnya, Febri Nur Alam yang turut dalam program PSBBI. Dia mengatakan semenjak omzetnya meningkat awal November 2021 lalu dirinya bahkan menambah jumlah karyawannya demi membantu menyiapkan produknya.

Cara Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Bangkitkan Industri UMKM

Sebelumnya diketahui, guna meningkatkan geliat ekonomi usaha mikro kecil menengah, Kemenparekraf memberikan stimulus voucher diskon Rp100.000 untuk setiap transaksi melalui beberapa merchant e-commerce. Bantuan itu merupakan bagian dari PSBBI. Minimal transaksinya Rp 200.000 dan itu bisa digunakan ke-11 e-commerce yang telah bekerja sama dengan kami," papar Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, beberapa waktu lalu.

ekonomi kreatif

Di sisi lain demi membantu para UMKM, Kemenparekraf juga memberikan kesempatan kepada mereka mendapatkan voucher subsidi hingga 500 voucher atau maksimal Rp50 juta per UMKM.

Wamenparekraf menambahkan dengan menambahkan PSBBI pihaknya mengajak industri kecil dan menengah untuk berkembang. Dengan membeli produk lokal, berarti menyokong pelaku ekonomi kreatif Indonesia untuk tetap bertahan di masa pandemi, imbuhnya.

Comments