Uji Adrenalin Lewat River Tubing di Sungai Argo Puro Probolinggo

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Uji Adrenalin Lewat River Tubing di Sungai Argo Puro Probolinggo

Uji Adrenalin Lewat River Tubing di Sungai Argo Puro Probolinggo

KEPONEWS.COM - Uji Adrenalin Lewat River Tubing di Sungai Argo Puro Probolinggo Probolinggo - Selain menjadi salah satu akses menuju Bromo, Probolinggo juga punya Sungai Argo Puro yang menantang. Di sana traveler bisa uji adrenalin lewat river tubing.Desa Gading Wetan, Kecamatan...

Probolinggo - Selain menjadi salah satu akses menuju Bromo, Probolinggo juga punya Sungai Argo Puro yang menantang. Di sana traveler bisa uji adrenalin lewat river tubing.

Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memiliki potensi berupa wisata air yang menguji adrenalin. Yakni wisata river tubing dengan meluncur di permukaan air yang memanfaatkan ban dalam mobil itu, hingga kini terus berkembang.

Water Sport Gading Wetan di Sungai Pandan Laras yang merupakan peredaran dari Gunung Argo Puro ini memiliki panjang rute 2,5 kilometer. Di sepanjang rute tersebut ada 10 titik jeram yang siap menguji adrenalin para pengunjung.

Di antaranya jeram kedung rejoso, gledheg judhuh, betoh berlipat, betoh tekepek, mangga keramat, dam paras, kedung bungdebung, gledheg pereng dan terakhir dam jheleh.

Ketika melakukan uji nyali river tubing, para peserta terlihat sangat takjub. Ketika mencapai separuh perjalanan, dengan gelombang air sungai terjal dan menantang.

Water Sport Gading Wetan di Probolinggo (Rofiq/detiktravel)Water Sport Gading Wetan di Probolinggo (Rofiq/detikTravel)Rute sungai dengan jeram terjal itu terbentang dari Dusun Jagleng hingga Dusun Blimbing. Biasanya kalau lancar rute itu bisa dilalui dua jam, tergantung kecepatan air dan kelancaran pengunjung melewati 10 jeram tersebut.

Dibentuk sekitar 2013 lalu, wisata river tubing yang dikenal dengan 'water sport' Gading Wetan itu makin menujukkan eksistensinya. Sejumlah fasilitas pelengkap terus dikembangkan.

"Seru banget, saya baru kali ini mencoba tubing di sini, ada beberapa titik yang cukup terjal dan menantang. Asyik ketika terjatuh, sekali ikut tubing rasanya ketagihan untuk terjun lagi bertubing di sugai ini," ujar Ayu Purindah, salah satu peserta tubing pada detikTravel, Senin (13/3/2017).

Sungai ini memiliki berbagai jeram (Rofiq/detikTravel)Sungai ini memiliki banyak sekali jeram (Rofiq/detikTravel) Sementara Supriyono, Kepala Desa Gading Wetan, mengatakan, selain mempermudah akses menuju river tubing itu, kini water sport Gading Wetan dilengkapi dengan tiga unit gazebo untuk tempat peristirahatan. Gazebo itu berada di Dusun Blimbing atau titik finish dari wisata air tersebut.

Supriyono mengaku, dalam seminggu rata-rata ada 4 hari tertentu yang dimanfaatkan pengunjung untuk menguji adrenalin di wisata river tubing yang juga dikenal dengan Watu Sewu itu.

"Dalam seminggu, ada sekitar 4 hari, kadang juga full. Rata-rata perharinya ada sekitar 10-30 orang pengunjung yang menguji nyali di water sport Gading Wetan ini," kata Supriyono.

Sangat menguji adrenalin (Rofiq/detikTravel)Sangat menguji adrenalin (Rofiq/detikTravel) Dijelaskan Supriyono, faktor kenyamanan dan keselamatan menjadi perhatian khusus di wisata air penguji adrenalin itu. Pihaknya menyiapkan ban yang dilengkapi dengan webbing atau tali yang dililitkan di ban untuk pegangan ketika meluncur.

Selain itu body protector menjadi perlengkapan yang wajib di pakai pengunjung. Seperti helm, rompi pelampung dan pelindung siku hingga lengan. Serta pelindung lutut hingga tulang kering.

"Disini ada 15 guide yang siap memantau dan membantu para pengunjung. Para guide itu berasal dari perangkat desa dan para pemuda yang tergabung dalam karang taruna desa setempat. Untuk satu paket atau minimal 10 orang, kita siapkan sebanyak 7 guide. Sementara untuk harga wisata ini per-orangnya, tarifnya hanya Rp 75 ribu," tambah Supriyono.

(krn/rdy)

Comments