Turki: Serangan ke Suriah menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi

Internasional

News / Internasional

Turki: Serangan ke Suriah menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi

Turki: Serangan ke Suriah menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi

KEPONEWS.COM - Turki: Serangan ke Suriah menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi Puluhan ribu orang mengungsi dari rumah mereka di Suriah utara, seiring serangan pasukan Turki terhadap wilayah-wilayah yang dikuasai Kurdi di seberang perbatasan. Sejumlah lembaga bantuan khawatir ju...

Puluhan ribu orang mengungsi dari rumah mereka di Suriah utara, seiring serangan pasukan Turki terhadap wilayah-wilayah yang dikuasai Kurdi di seberang perbatasan.

Sejumlah lembaga bantuan khawatir jumlah orang yang mengungsi bisa mencapai ratusan ribu lantaran tentara Turki telah mengepung kota-kota perbatasan Ras al-Ain dan Tal Abyad.

Desakan dari komunitas internasional untuk menghentikan serangan semakin kencang, namun Turki menegaskan serangan tersebut dimaksudkan untuk menciptakan "zona aman" yang bebas dari milisi Kurdi serta tempat tinggal bagi pengungsi Suriah.

Warga mengungsi dari kampung halaman mereka di kota Ras al-Ain.EPA Warga mengungsi dari kampung halaman mereka di kota Ras al-Ain.

Turki menganggap milisi Kurdi yang tergabung dalam Pasukan Demokratik Suriah (SDF) sebagai "teroris" yang menyokong pemberontakan anti-Turki.

SDF yang menguasai wilayah-wilayah perbatasan Turki-Suriah timur laut merupakan sekutu utama Amerika Serikat dalam pertempuran melawan kelompok yang menyebut diri mereka Negara Islam atau ISIS.

Namun SDF kini menuding Amerika "menikam dari belakang" setelah Presiden Trump memutuskan untuk menarik pasukan AS dari Suriah Utara.

Banyak pihak di AS, termasuk beberapa sekutu Trump di Partai Republik, mengatakan penarikan pasukan sama dengan memberi Turki lampu hijau untuk melancarkan serangan.

Satu kekhawatiran utama komunitas internasional terkait dengan nasib ribuan terduga tahanan ISIS, termasuk banyak warga negara asing, yang dijaga oleh pasukan pimpinan Kurdi di wilayah tersebut.

Bagaimana serangan itu mempengaruhi warga?

Organisasi bantuan International Rescue Committee (IRC) mengatakan 64.000 orang dilaporkan telah mengungsi dari rumah mereka. Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights, memberikan angka yang sama.

Misty Buswell dari IRC mengatakan: "Jikalau serangan terus berlanjut, ada kemungkinan total 300.000 orang bisa mengungsi ke kamp-kamp yang sudah terlalu padat dan kota-kota yang masih belum pulih dari pertempuran dengan ISIS."

suriahEPA Asap membubung di Kota Ras al-Ain menyusul serangan Turki.

Comments