Tumor Seberat 2,7 Kg Berhasil Diangkat dari Rahang Janet Sylva

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tumor Seberat 2,7 Kg Berhasil Diangkat dari Rahang Janet Sylva

Tumor Seberat 2,7 Kg Berhasil Diangkat dari Rahang Janet Sylva

KEPONEWS.COM - Tumor Seberat 2,7 Kg Berhasil Diangkat dari Rahang Janet Sylva New York, Amerika Serikat Selama tiga tahun, Janet Sylva tidak bisa makan, bicara atau tersenyum karenatumorseukuran jeruk bali yang tumbuh di rahangnya. Akibatnya, gadis berusia 12 tahun asal Gambia,...

New York, Amerika Serikat Selama tiga tahun, Janet Sylva tidak bisa makan, bicara atau tersenyum karenatumorseukuran jeruk bali yang tumbuh di rahangnya. Akibatnya, gadis berusia 12 tahun asal Gambia, Afrika Barat itu tidak dapat menutup mulutnya. Untungnya, penderitaan yang dialami Janet kini sudah berakhir.

Wajah Janet tampak berseri-seri setelah ia dioperasi oleh para dokter asal New York, Amerika Serikat. Tumor seberat 2,7 kg itu membuat Janet kesulitan bernapas. Para dokter takut ia akan meninggal dalam waktu satu tahun kalau tidak dilakukan operasi.

Pada konferensi pers hari Kamis, 9 Maret 2017, ahli bedah mengungkapkan, pemulihan Janet semenjak operasi pengangkatan tumor telah berjalan lancar. Janet bisa kembali ke rumah, sebagaimana ditulis Mail Online, Selasa (14/3/2017).

Janet lahir sebagai anak yang relatif sehat. Ibunya, Philomena mengungkapkan, Janet tidak mengeluh sakit di lisan sampai berusia 9 tahun. Seiring usia, ada yang tidak normal pada verbal Janet. Dokter segera menemukan tumor yang tumbuh di rahang bawahnya.

Menurut Dr David Hoffman, kepala Oral Maxillofacial Surgery di Staten Island University Hospital, Amerika Serikat, tumor sebenarnya dapat disembuhkan ketika ia masih muda dan pertama kali didiagnosis.

Dr David Hoffman (kiri) dan Dr Armen Kasabian memegang model tumor yang tumbuh pada rahang Janet. (Foto: Mail Online)

Dalam waktu tiga tahun, tumor Janet tumbuh tiga kali lipat ukuran mandibula (rahang bawah), yang mengakibatkan cacat pada wajahnya. Ukuran tumor mencapai ukuran buah jeruk bali.

Tak ayal, tiap kali keluar rumah, Janet sering menutupi wajahnya dengan syal. Ia enggan pergi ke sekolah atau bermain dengan teman-teman.

Kondisi Janet berhasil diketahui kelompok nirlaba bernama Healing the Children dari salah satu dokter setempat di Gambia. Berita itu pun langsung diberitahu kepada Dr Hoffman.

Comments