Tujuh Tips Berhenti Menjadi 'Budak' Media Sosial

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tujuh Tips Berhenti Menjadi 'Budak' Media Sosial

Tujuh Tips Berhenti Menjadi 'Budak' Media Sosial

KEPONEWS.COM - Tujuh Tips Berhenti Menjadi 'Budak' Media Sosial JAKARTA - Segala sesuatunya yang berlebihan tentunya tidak baik bahkan mengundang petaka. Begitu juga ketika Anda tak bisa melepaskan mata dan terus mengenggam smartphone untuk bermedia sosial.Sosmed...

JAKARTA - Segala sesuatunya yang berlebihan tentunya tidak baik bahkan mengundang petaka. Begitu juga ketika Anda tak bisa melepaskan mata dan terus mengenggam smartphone untuk bermedia sosial.

Sosmed telah menjadi fenomena baru selama 15 tahun terakhir. Efeknya mungkin belum dipelajari terlalu dalam namun studi dari American Journal of Epidemiology telah menemukan bahwa menyukai posting-an seseorang di Facebook dan membuka tautan yang di-posting sahabat rupanya berhubungan dengan laporan buruk dari kesehatan mental, fisik, dan kepuasan hidup.

BERITA REKOMENDASI

Kendati demikian, Anda tak perlu seketika menghapus seluruh akun sosmed Anda karena ada cara untuk memanfaatkan media dengan baik dan tentunya dengan penuh tanggung jawab. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan agar tidak kecanduan sosial media dan menjadi budaknya sebagaimana dipaparkan Bustle:

Tentukan Jam Malam Anda

Hampir semua pemiliki smartphone tergeletak di kegelapan kamar sambil menatap ke layar ponsel untuk mengecek pemberitahuan semua sosmed.Penelitian dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita menyimpulkan bahwa menggunakan perangkat elektronik pemancar cahaya (LE-book) di jam sebelum tidur dapat berdampak buruk terhadap kesehatan secara keseluruhan, kewaspadaan, dan jam sirkadian yang menyinkronisasikan ritme harian tidur untuk isyarat waktu lingkungan eksternal .

Menurut hasil penelitian, menggunakan perangkat yang memancarkan cahaya sebelum tidur memiliki efek yang kuat pada pola tidur alami atau bangun tubuh dan mungkin membuat Anda kekurangan tidur. Dalam jam sebelum tidur, ambil sebuah buku sebagai gantinya. Studi lain mencatat waktu yang dihabiskan di sosmed setiap tahun dapat digunakan untuk membaca 200 buku.

Hapus Software

Anda perlu smartphone dan sosmed untuk terlihat sibuk ketika suasana sedang kaku? Anda tidak sendirian. Namun sebuah studi oleh University of Chicago menemukan bahwa sosmed bahkan lebih kuat daripada alkohol dan tembakau.

Untuk itu, hapus sosmed Anda agar lebih mudah untuk mengurangi godaan kecanduan. Anda tidak akan perlu lagi terus menerus mengecek dan menggulir timeline ketika keadaan sedang kaku, bahkan justru keadaan itu bisa menjadi peluang Anda bertemu orang baru.

Matikan Pemberitahuan

Jikalau Anda belum siap untuk menghapus software sosmed Anda, mematikan pemberitahuannya akan sedikit membantu Anda menghindari kecanduan. Banyak penelitian ilmu dan psikologi telah merancang sosmed selama bertahun-tahun. Mendapatkan pemberitahuan pada ponsel Anda terasa seperti mendapatkan dan manfaatnya membuat kita bahagia. Hal ini juga menciptakan rasa urgensi palsu.

Habiskan Waktu dengan Sahabat Anda di Dunia Nyata

Daripada sekadar chat, ajaklah teman-teman Anda untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama untuk secangkir kopi atau menonton. Banyak orang merasa cukup berinteraksi dengan seseorang hanya karena melihat update sosial media mereka. Apalagi, mengundang mereka untuk bertemu terasa mengganggu waktu mereka yang sibuk.

Langganan Koran atau Majalah

Di masa yang serbadigital, semua orang lebih memilih untuk membeli koran, buku, atau majalah yang sudah berbentuk digital. Banyak media cetak yang menghadapi tantangan untuk terus bertahan. Namun, sebuah survei dari Two Sides pada 2015 menemukan bahwa membaca media cetak lebih membuat rileks. Anda bisa meneruskan kebiasaan ayah Anda yang minum kopi sambil membaca koran di pagi hari tanpa tablet atau smartphone.

Batasi Akun Media Sosial

Kebanyakan orang memiliki lebih dari satu akun sosmed. Mereka bisa ditemukan di Facebook, Instagram, LinkedIn, Snapchat, dan Twitter. Kebanyakan orang rata-rata punya lima sosmed menurut AdWeek.

Namun hal itu tidak masalah asalkan Anda tidak menggunakan seluruh waktu Anda untuk menyuapi seluruh sosmed itu update secara terus menerus setiap hari. Anda perlu memilih mana sosmed yang paling cocok dan paling Anda butuhkan. Gunakan sosmed tersebut untuk penggunaan setiap hari.

Luangkan Waktu untuk Media Sosial

Memiliki sosmed bukanlah dosa. Anda bisa mengalokasikan waktu untuk mengeceknya dalam sehari. Sama seperti tidur, Anda bisa memberikan beberapa waktu khusus untuk membuka sosmed. Namun di luar jam ini, jangan menghabiskan waktu di sana. Gunakan waktu lain untuk berinteraksi dengan orang-orang di dunia nyata atau melakukan sesuatu yang menghasilkan dan berguna bagi diri Anda.

Tujuh Tips Berhenti Menjadi 'Budak' Media Sosial

Comments