Truecaller Resmi IPO di Nasdaq Stockholm, Ukir Pencapaian Baru

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Truecaller Resmi IPO di Nasdaq Stockholm, Ukir Pencapaian Baru

Truecaller Resmi IPO di Nasdaq Stockholm, Ukir Pencapaian Baru

KEPONEWS.COM - Truecaller Resmi IPO di Nasdaq Stockholm, Ukir Pencapaian Baru Ukir Sejarah Baru, Truecaller Resmi IPO di Nasdaq Stockholm. (Truecaller) Truecaller resmi mengumumkan initial public offering (IPO) di bursa Nasdaq Stockholm. Hal ini menjadi sejarah baru bagi perusa...

Ukir Sejarah Baru, Truecaller Resmi IPO di Nasdaq Stockholm. (Truecaller)

Truecaller resmi mengumumkan initial public offering (IPO) di bursa Nasdaq Stockholm. Hal ini menjadi sejarah baru bagi perusahaan caller ID dan spam blocking app ternama tersebut.

Saham Truecaller melantai dengan harga 60 Krona Swedia atau setara Rp 97.631 per lembar saham. Harga saham Truecaller naik 15,4% dari harga IPO sehingga kapitalisasi pasar perusahaan mencapai 2,5 milliar dolar AS atau lebih dari Rp 35 triliun.

Penawaran saham perdana Truecaller terdiri dari 53.414.532 saham Kelas B, dimana 19.230.770 merupakan saham Kelas B yang baru diterbitkan dan 34.183.762 saham Kelas B yang diperuntukkan bagi para pemegang saham yang ada, antara lain Co-founder Alan Mamedi dan Nami Zarringhalam, Sequoia Capital India, Atomico, Kleiner Perkins.

Co-founder dan CEO Truecaller Alan Mamedi mengatakan, "Hari ini menandai tonggak bersejarah bagi Truecaller. Perjalanan yang memuaskan dimulai semenjak 12 tahun lalu dan telah membuat Truecaller menjadi platform verifikasi nomor telepon dan spam blocking terkemuka di dunia. Dengan hampir 280 juta pengguna aktif dari seluruh dunia dan telah diunduhsebanyak lebih dari 500 miliar kali. Selanjutnya, babak baru terbentang dalam upaya konsisten kami, untuk membuat komunikasi masa depan lebih cerdas, lebih aman, dan lebih efisien. Nami dan saya berharap dapat melanjutkan momentum perjalanan pertumbuhan Truecaller bersama dengan pemegang saham lama dan baru."

Perusahaan asal Swedia ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan aman dan efisien, melalui layanan identifikasi penelpon (caller ID) dan deteksi spam (spam blocking), serta memfasilitasi solusi komunikasi lainnya bagi 280 juta pengguna individu dan 500 klien perusahaan.

Alan Mamedi, CEO & Co - Founder (kiri) and Nami Zarringhalam, Chief Strategy Officer dan Co - Founder (Truecaller)Alan Mamedi, CEO & Co - Founder (kiri) and Nami Zarringhalam, Chief Strategy Officer dan Co - Founder (Truecaller)

Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, pasar Indonesia menjadi fokus utama Truecaller di daerah ini. Berdasarkan riset terbaru Truecaller, Indonesia menghadapi ancaman spam terbesar ke-6 di dunia. Truecaller siap membantu pengguna di Indonesia menangani masalah ini dan menjadikan komunikasi lebih aman dan efisien.

Truecaller mempunyai kapasitas dan keahlian yang tepat untuk mengukur dan memenuhi permintaan pengguna, terutama di era digital dimana penipuan terhadap transaksi online diperkirakan telah memberikan kerugian hingga 30 miliar dolar AS per tahun di Amerika Serikat saja. Jumlah ini diperkirakan akan terus berlipat ganda.

Didirikan pada tahun 2009, Truecaller terus berkembang dan memberikan dampak signifikan pada stakeholders di seluruh dunia. Laporan perusahaan Year in Calling menyebutkan layanan Truecaller berhasil memblokir dan mengidentifikasi 31,3 miliar panggilan spam di seluruh dunia.

Alan Mamedi dan Nami Zarringhalam saat awal pendirian Truecaller. (Truecaller)Alan Mamedi dan Nami Zarringhalam saat awal pendirian Truecaller. (Truecaller)

Menjadi software terpercaya, perusahaan analisis performa software mobile pertama dunia AppAnnie menyebutkan Truecaller sebagai software komunikasi terbaik di India, dan menduduki peringkat tiga teratas di Mesir dan Israel.

Truecaller juga masuk ke dalam peringkat 10 besar di 20 negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Nigeria, dan Afrika Selatan.

"Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pengguna kami di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir, kami berharap dapat terus meningkatkan layanan software kami di masa depan. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan, pelanggan, mitra, dan investor dikarenakan telah mempercayai impian kami. Kami ingin terus menjadi keselamatan berkomunikasi, hari ini dan selamanya," tambah Alan.

Comments