Trik Cerdas Pilih Ikan Asin Bebas Formalin

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Trik Cerdas Pilih Ikan Asin Bebas Formalin

Trik Cerdas Pilih Ikan Asin Bebas Formalin

KEPONEWS.COM - Trik Cerdas Pilih Ikan Asin Bebas Formalin RASA yang asin gurih dan harga yang ramah di kantong membuat ikan asin jadi primadona di meja makan. Untuk mendapatkan ikan asin berkualitas, ada langkah yang bisa dilakukan.Dilansir dari banyak sekal...

RASA yang asin gurih dan harga yang ramah di kantong membuat ikan asin jadi primadona di meja makan. Untuk mendapatkan ikan asin berkualitas, ada langkah yang bisa dilakukan.

Dilansir dari banyak sekali sumber, Kamis (16/3/2017) berikut langkah yang bisa dilakukan ketika membeli ikan asin. Catat tipsnya dan dapatkan ikan asin berkualitas baik di pasar ataupun di supermarket.

Perhatikan aroma

Hal pertama yang harus anda perhatikan merupakan aroma dari ikan asin. Ikan asin berkualitas memiliki aroma yang khas atau kurang sedap. Sementara ikan asin yang mengandung formalin tidak memiliki aroma ini dan cenderung tidak tercium sama sekali. Namun Anda patut curiga ketika ikan asin memiliki aroma yang sangat menyengat karena ini menandakan ikan dalam keadaan tidak segar.

Teksturnya mudah hancur

Setelah memastikan aromanya segar maka langkah selanjutnya merupakan menyentuh daging ikan. Umumnya daging ikan asin akan mudah hancur atau rapuh. Ikan asin bertekstur alot atau keras menjadi saah satu indikator ikan sudah diberi tambahan formalin atau bahan kimia berbahaya seperti pengawet.

Warna kusam

Ikan asin yang bagus dan berkualitas memiliki warna kecoklatan cenderung kehitaman. Kalau ikan asin terlihat putih bersih maka tandanya ikan sudah diolah lebih lanjut dengan bahan kimia pemutih atau pembersih. Tapi jangan lantas membeli ikan yang terlihat kotor, karena kotor dan kusam terang berbeda. Perhatikan bagian permukaan ikan asin, pilih yang bersih dan bentuknya utuh.


Dihinggapi lalat

Lalat memang menjengkelkan tapi serangga ini punya insting yang kuat kala mendeteksi bahan kimia. Ikan asin yang dihinggapi lalat menandakan bahwa ikan terbebas dari tambahan bahan kimia. Tapi jangan juga membeli ikan yang banyak dirubung lalat. Karena ikan bisa jadi malah mengandung bakteri yang didistribusikan lewat lalat.

Trik Cerdas Pilih Ikan Asin Bebas Formalin

Comments