Tren Baru, Begini Cara Selfie Pakai CCTV Lewat Aplikasi Jogja Istimewa

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Tren Baru, Begini Cara Selfie Pakai CCTV Lewat Aplikasi Jogja Istimewa

Tren Baru, Begini Cara Selfie Pakai CCTV Lewat Aplikasi Jogja Istimewa

KEPONEWS.COM - Tren Baru, Begini Cara Selfie Pakai CCTV Lewat Aplikasi Jogja Istimewa Selfie Pakai CCTV di Software Jogja Istimewa. (Twitter/ antokkansaja) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY telah meluncurkan software Jogja Istimewa. Salah satu fasilitas di dalamnya ial...

Selfie Pakai CCTV di Software Jogja Istimewa. (Twitter/ antokkansaja)

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY telah meluncurkan software Jogja Istimewa. Salah satu fasilitas di dalamnya ialah pemantauan lewat CCTV.

Melihat fasilitas ini, netizen pun tergerak kreativitasnya untuk memanfaatkan selfie pakai CCTV dari software Jogja Istimewa tersebut.

Semenjak viral-nya selfie pakai CCTV Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY unggahan akun Twitter @antokkansaja, sejumlah netizen penasaran dengan cara memonitor CCTV di sejumlah titik di DIY tersebut.

Di tiga foto yang diunggah pada Jumat (31/1/2020) itu, ada tiga lokasi berbeda yang digunakan untuk selfie pakai CCTV: depan Maliobaro Mall, Titik 0 Kilometer, dan Alun-Alun Utara. Pada ketiga foto, mereka kompak berpose menghadap ke kamera.

Lantas, bagaimana bisa @antokkansaja dan kawan-kawannya menyaksikan rekaman CCTV milik pemerintah itu? Sesuai dengan yang dibeberkan @antokkansaja pada netizen, melalui software Jogja Istimewa, pengguna dapat melakukan streaming sejumlah CCTV yang terpasang di banyak sekali ruang publik di DIY.

Menurut Diskominfo DIY, software Jogja Istimewa telah merangkum 97 persen Yogyakarta itu sendiri.

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain wisata maupun masakan dan tempat penginapan di Jogja, layanan publik Jogja, ensiklopedia wacana warisan budaya DIY, e-lapor, TV & CCTV streaming Jogja, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Jogja Istimewa. (Google Play Store)Software Jogja Istimewa. (Google Play Store)

Untuk bisa mengoperasikan software Jogja Istimewa, Kamu bisa langsung mengunduhnya melalui Google Play Store bagi pengguna smartphone Android.

Sementara itu, jikalau ingin bisa menyaksikan secara real time rekaman CCTV di banyak sekali titik lokasi di Jogja, ikuti langkah-langka berikut ini:

1. Buka software Jogja Istimewa

Aplikasi Jogja Istimewa. (Google Play Store)Software Jogja Istimewa. (Google Play Store)

2. Tekan pilihan "lainnya" dengan ikon (+)

Aplikasi Jogja Istimewa - (screenshot)Software Jogja Istimewa - (screenshot)

3. Pilih fasilitas "streaming"

4. Buka "Jogja Istimewa CCTV"

5. Pilih rekaman CCTV mana yang ingin Kamu saksikan langsung.

Aplikasi Jogja Istimewa - (screenshot)Software Jogja Istimewa - (screenshot)

Pada bagian ini, terdapat enam pilihan yang dikategorikan berdasar pihak yang mengontrol: CCTV Diskominfo DIY, CCTV TCS Pemkot Jogja, CCTV UPT Malioboro, CCTV Sungai BPBD Kota Jogja, CCTV Diskominfo Kulon Progo, dan CCTV Dishub DIY. Di masing-masing kategori itu juga masih ada banyak pilihan titik lokasi dipasangnya CCTV.

Penasaran dengan selfie pakai CCTV ini? Sila unduh software Jogja Istimewa dan kenali lebih jauh wacana Jogja, yang istimewa. (SuaraJogja.id/ Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana).

Comments