Traveling Seru ke Lombok ala Solo Backpacker

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Traveling Seru ke Lombok ala Solo Backpacker

Traveling Seru ke Lombok ala Solo Backpacker

KEPONEWS.COM - Traveling Seru ke Lombok ala Solo Backpacker PEMANDANGAN alam Lombok yang begitu menawan memang bikin penasaran. Tidak satu pun sudut di pulau ini yang luput dari keindahan. Panorama menakjubkan itu terlihat mulai saat menginjakkan kaki di banda...

PEMANDANGAN alam Lombok yang begitu menawan memang bikin penasaran. Tidak satu pun sudut di pulau ini yang luput dari keindahan. Panorama menakjubkan itu terlihat mulai saat menginjakkan kaki di bandara sampai ke ujung wilayahnya. Tak heran kalau tempat ini selalu menjadi destinasi favorit untuk para traveler dari dalam dan luar negeri.

Namun bagaimana kalau bujet untuk plesiran ke Lombok terbatas? Jangan cemas; kamu bisa melakukan perjalanan ala solo backpacker. Di samping hemat biaya, tentunya lebih leluasa memilih destinasi yang ingin dikunjungi. Yuk, simak tips travel ke Pulau Lombok ala solo backpacker berikut ini.

Perjalanan Menuju Pulau Lombok dari Jakarta

Untuk mencapai Pulau Lombok dengan cepat dan murah, kamu bisa memilih jalur udara dengan memakai pesawat terbang. Namun jangan khawatir pengeluaranmu akan membengkak bila kamu memesan tiket pesawat di tempat yang tepat, seperti melalui website Airy. Melalui Airy, tiket pesawat Lion Air dan maskapai lainnya ke Pulau Lombok akan kamu dapatkan dengan lebih murah dan mudah.

Usai mendarat di Bandara Internasional Lombok, naiklah bus Damri menuju pusat Kota Mataram. Untuk satu kali perjalanan, biayanya sekitar Rp25.000-35.000. Lama perjalanan bus ini kurang lebih 50 menit sampai Pool Damri.

Mencari Penginapan Backpacker di Sekitar Kota Mataram

(Foto: Airyrooms)

Kota Mataram merupakan Ibu Kota Nusa Tenggara Barat, sehingga tak sulit menemukan penginapan backpacker di daerah ini. Untuk kriteria akomodasi sederhana saja; yang penting tersedia fasilitas utama. Misalnya, ada TV, AC, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi, air minum, dan WiFi gratis.

Hal yang paling penting, penginapan aman dari tindak kejahatan. Pastikan, barang-barang tetap utuh meski ditinggal seharian. Sebagai referensi, kamu bisa mencari penginapan dengan kriteria tersebut di daerah Cakranegara dan Gomong. Kalau mau gratis, silakan bermalam di Rumah Singgah Mataram khusus backpacker, atau kamu bisa mencari akomodasi penginapan bujet di Lombok dari agen travel online.

Menggenapi Malam Pertama di Lombok dengan Wisata Masakan

(Foto: Youtube)

Wilayah paling asyik buat cari santapan murah, yaitu di daerah Cakranegara. Di sini banyak warung tenda yang menjajakan aneka masakan khas Lombok. Kamu bisa cicipi Ayam Taliwang Udin berkonsep street food sebelum perempatan Cakranegara. Ayam Taliwang ini rasanya nendang banget; pedas dan gurih bercampur jadi satu.

Di pinggiran jalan daerah Cakranegara pun ada warung seafood. Letaknya kurang lebih 200 meter setelah Supermarket Ruby, tepat di sebelah kiri jalan. Ada pula masakan bebek sambal ijo yang lokasinya di sebelah utara MGM Cakranegara. Masakan ini tidak hanya lezat, tetapi juga murah meriah.

Menjelajahi Lombok dari Wisata Kota Mataram ke Gili Trawangan

(Foto: Pixabay)

Hari berikutnya, petualangan dimulai dari Kota Mataram. Tempat pertama kali yang wajib dikunjungi ialah Taman Narmada. Lewat Taman Narmada, kamu bisa melihat miniatur Gunung Rinjani dan gambaran Lombok tempo dulu. Tempat ini pun disebut-sebut sebagai gambaran budaya dan sejarah di Pulau Lombok.

Dari Taman Narmada, perjalanan diteruskan ke Pantai Senggigi. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini, adalah di pagi dan sore hari. Pasalnya, saat itu matahari sedang menunjukkan atraksinya.

Setelah puas mengeksplorasi Pantai Senggigi, lanjutkan ke Gili Trawangan. Akses ke sana harus lewat Pelabuhan Bangsal yang letaknya searah dengan pantai ini. Kamu tinggal kemudikan kendaraan dari daerah Senggigi sampai ujung; di situlah lokasi pelabuhannya.

Tiba di Pelabuhan Bangsal, seluruh pengunjung bisa naik kapal yang disediakan oleh warga setempat. Biasanya, harga sewa untuk satu kali penyeberangan sekitar Rp15.000-20.000. Sekitar 15 menit kemudian, kapal sampai di dermaga Gili Trawangan.

Gili Trawangan sudah menjadi Daerah Ekonomi Kreatif sehingga punya fasilitas lengkap. Kamu akan menemukan banyak penginapan keren dengan biaya murah di wilayah ini. Jadi, sebaiknya tak perlu buru-buru pulang kalau sudah sampai di Trawangan. Jelajahi alam Gili Trawangan dengan bersepeda, naik cidomo, atau jalan kaki.

Nah, itulah traveling seru ke Lombok ala solo backpacker yang bisa kamu tiru. Agar nyaman selama perjalanan, pastikan mengemas barang dalam satu tas ransel. Selain itu, bawalah peta, pengaman, serta alat komunikasi. Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat ke Lombok dari jauh-jauh hari ya.

(hth)

Comments