Traveler 'Nyolong' Foto Selebgram Lain, Netizen: Niat Banget!

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Traveler 'Nyolong' Foto Selebgram Lain, Netizen: Niat Banget!

Traveler 'Nyolong' Foto Selebgram Lain, Netizen: Niat Banget!

KEPONEWS.COM - Traveler 'Nyolong' Foto Selebgram Lain, Netizen: Niat Banget! Jakarta - Kasus traveler 'nyolong' dan ngedit foto traveling milik selebgram lain bikin heboh sosmed. Netizen pun ramai berkomentar: niat banget!Semua bermula dari akun Instagram @milesmogul milik fot...

Jakarta - Kasus traveler 'nyolong' dan ngedit foto traveling milik selebgram lain bikin heboh sosmed. Netizen pun ramai berkomentar: niat banget!

Semua bermula dari akun Instagram @milesmogul milik fotografer bernama Nicky Kelvin yang mengungkap bahwa, ada traveler bernama Adriansyah Martin yang mencomot dan mengedit foto miliknya dan rekan traveler lain tanpa izin. Ada sekitar 4 foto hasil editan yang diaku-aku milik Adriansyah.

Di foto-foto tersebut, Adriansyah berlagak sedang tidur dengan nyaman naik kelas Suites Singapore Airlines, hingga duduk manis naik First Class Qatar Airways. Ada juga foto yang menampilkan Adriansyah bersama ibunya, serta saudara kembarnya Christiansyah Martin.

Sayang, setelah foto-foto tersebut terungkap, akun Instagram Adrian berfollowers 42 ribu orang itu lenyap bak ditelan bumi. Netizen di sosial media pun ramai berkomentar.

Dilihat detikTravel, Selasa (30/1/2018), salah seorang traveler @emyepbj menyebut tindak 'pencurian' foto ini niat banget.

"Mungkin demi memenuhi kebutuhan para penggemarnya jadi dia pengen terlihat wow dan tetap dikagumi fansnya seperti jalan-jalan mewah dan barang-barang mewah. Cuma ya itu, namanya mencuri apapun gak baik," ujar @emyepbj.

Sementara itu, postingan ini juga viral di Twitter berkat akun @InfoTwitwor. Sampai saat ini, sudah ada 1,6 ribu orang yang meretweet postingan tersebut. Banyak juga yang berkomentar atas kasus pencurian foto ini.

"Niaaat pisaaan," ujar @ru7ni.

"Terlihat berkelas tapi nyomot foto orang lain terus diupload di ig, udah gitu banyak pula yang like, mungkin ini salah satu pembenaran bahwa 'ig penuh drama'. Tidak semua, tapi sebagian. Demi sebuah pencitraan," komentar @friscanatlina.

"Panjat sosial yang terlalu memaksakan untuk memanjat," imbuh @gentamara.

Foto editan di akun instagram (Instagram/Miles Mogul)Foto editan di akun instagram (Instagram/Miles Mogul)

Tapi ada juga netizen yang memuji kemampuan dan skill photoshop Adriansyah Martin.

"... di sisi lain, photoshopnya jago banget nih," komentar @GIVARIKI.

"Ngeditnya baguss," tambah traveler bernama Kurnia Amelia.

"Biar buktiin kalau dia jago ngedit foto," imbuh @RonNababan.

Catur Nugraha, salah seorang traveler punya solusi untuk menghadapi para pencuri foto ini. Salah satunya ialah memasang watermark pada foto yang akan dipublish.

"Watermark foto sebelum disebar di sosmed. Taruhnya jangan di pinggir, di tengah-tengah jadi sulit bagi pencuri foto untuk ngedit-ngedit," ungkap Catur.

Sebaliknya, traveler bernama Arya Martin menyebut kalau foto yang sudah diunggah di sosial media apapun sudah kehilangan hak ciptanya. Watermark pun tidak berpengaruh banyak, karena ada juga orang yang niat banget dan menghapus watermark yang sudah dicantumkan di foto kita.

"Kalo ada pencurian gitu cuma masalah etika saja, yang sebatas pencantuman kredit. Kalau kita merasa karya kita bernilai komersil, ya dari awal saja di komersilin. Jangan kalo udah diambil orang baru merasa kecurian," terang Arya.

Adriansyah Martin sendiri disebut-sebut berasal dari Indonesia dan termasuk selebgram dengan followers sebanyak 42 ribu orang. Sampai gosip ini diturunkan, akun tersebut menghilang. Motif Adriansyah melakukan tindakan plagiasi ini juga belum terungkap.

Nah, menurut traveler bagaimana nih? Silakan mengisi kolom komentar di bawah. (wsw/wsw)

Comments