Tradisi Suku Maori Tandai Opening Ceremony Pacific Exposition

Internasional

News / Internasional

Tradisi Suku Maori Tandai Opening Ceremony Pacific Exposition

Tradisi Suku Maori Tandai Opening Ceremony Pacific Exposition

KEPONEWS.COM - Tradisi Suku Maori Tandai Opening Ceremony Pacific Exposition Laporan Hasym Ashari, POS-KUPANG.COM, dari New ZealandAUCKLAND -Tradisi Suku Maori mewarnai acara pembukaan 1st Pacific Exposition yang digelar di Lantai 5 New Zealand Room Sky City, Auckland, Selandi...

Laporan Hasym Ashari, POS-KUPANG.COM, dari New Zealand
AUCKLAND -Tradisi Suku Maori mewarnai acara pembukaan 1st Pacific Exposition yang digelar di Lantai 5 New Zealand Room Sky City, Auckland, Selandia Baru, Jumat (12/7/2019) pagi waktu setempat.
Seorang ksatria Suku Maori terlihat menyambut para pemimpin Delegasi Pacifik Exposition 2019.

Di antara mereka terlihat Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, yang ditemani Duta Besar Indonesia untuk New Zealand, Tantowi Yahya.

Babak Baru Diplomasi Indonesia di Pasifik

Mereka dituntun memasuki panggung utama oleh Ksatria Suku Maori yang melakukan tarian dengan memakai sebilah tongkat. "Tak perduli apapun latarbelakang agama Kalian, bagi kami Suku Maori yang terpenting merupakan persahabatan," ucap seorang tokoh Suku Maori.

Panduan Liburan ke Selandia Baru untuk Pemula, Termasuk Tempat Wisata dan Masakan Halal

"Selamat datang. Selamat datang. Keluarga kami keluarga Kamu. Warga kami warga Kamu juga," katanya lagi.

Warga Indonesia yang datang ke New Zealand menurutnya akan selalu dilayani dengan baik. "Semoga terasa seperti di rumah sendiri. Mari kita berjalan bersama dalam sebuah harmoni dan persatuan," ujarnya.

Mengutip Wikipedia, M ori merupakan nama penduduk asli Selandia Baru, dan bahasanya. Kata m ori artinya ialah "normal" atau "biasa" dalam bahasa M ori dan merujuk pada makhluk-makhluk hidup yang berbeda dari Dewa-Dewi.

Pasific Exposition Pasific Exposition (ISTIMEWA)

Kata "M ori" mempunyai banyak kerabat dalam bahasa Austronesia lainnya seperti bahasa Hawaii. Kata maoli dalam bahasa Hawaii artinya ialah asli, pribumi, benar atau nyata. Nama ini juga merupakan nama bangsa dan bahasa Kepulauan Cook, yang disebut sebagai M ori Kepulauan Cook.

4 Tips Menyewa Campervan untuk Road Trip Keliling Selandia Baru

Kata ini juga mempunyai kerabat dalam bahasa Jawa: (ma)urip yang berarti "hidup". Kata hidup sendiri dalam bahasa Melayu juga merupakan kerabat kata ini.

Comments