Tour de Bintan Dinilai Mampu Genjot Wisata Bintan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Tour de Bintan Dinilai Mampu Genjot Wisata Bintan

Tour de Bintan Dinilai Mampu Genjot Wisata Bintan

KEPONEWS.COM - Tour de Bintan Dinilai Mampu Genjot Wisata Bintan Sebanyak 1.200 pembalap sepeda dipastikan ambil bagian dalam Tour de Bintan 2018. Jumlah peserta ini menjadi yang terbanyak semenjak lomba balap digelar tahun 2016 lalu. Tahun ini, Tour de Bintan 2018...

Sebanyak 1.200 pembalap sepeda dipastikan ambil bagian dalam Tour de Bintan 2018. Jumlah peserta ini menjadi yang terbanyak semenjak lomba balap digelar tahun 2016 lalu. Tahun ini, Tour de Bintan 2018 diselenggarakan 23 sampai 25 Maret 2018 di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Meski berlabel sport tourism, Tour de Bintan 2018 termasuk event penting bagi para atlet. Alasannya adalah, ajang ini masuk dalam kalender Kejuaraan Dunia UCI Gran Fondo.

Dengan kata lain, Tour de Bintan 2018 menjadi ajang untuk berebut poin agar bisa mengikuti kejuaraan dunia Kejuaraan Dunia UCI Gran Fondo (GFWC). Tahun ini, GFWC akan berlangsung di Varese, Italia. Dari 30 Agustus sampai 2 September 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, jumlah peserta tahun 2018 menjadi catatan rekor tersendiri. Pada 2016 jumlah peserta hanya 824 peserta. Tahun 2017, jumlah peserta mulai meningkat mencapai 1.045. Para peserta ini berasal 40 negara.

Tahun ini negara yang paling banyak mengirimkan peserta merupakan Singapura sebanyak 20 persen. Yang kedua dari Inggris sebanyak 16 persen, yang ketiga dari Australia sebanyak 12 persen. Sisanya 35 persen dari banyak sekali negara. Peserta Indonesia sendiri sebanyak 14 persen, kata Luki melalui siaran persnya.

Menurut Luki, ada dua rute yang harus diikuti peserta bila ingin lolos ke GFWC. Yaitu saat pembukaan Individual Time Trial 17 km selama tiga hari yang dimulai pada Jumat sore. Serta Gran Fondo Classic 144 km memulai lomba jalan pada hari Sabtu pagi.

Untuk sampai ke Varese, pembalap Tour de Bintan harus finis di 25 persen teratas di kelompok usia masing-masing di ITT dan atau Gran Fondo Classic, kata Luki.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresi peserta yang hadir di Tour de Bintan 2018 semakin banyak. Menurutnya, event ini berhasil mempertahankan reputasi penyelenggaraan cycling bertaraf internasional di Bintan.

Menpar Arief Yahya

Pelaksanaannya pun dari tahun ke tahun semakin tepat. Kedua, sukses membuat semua hotel, akomodasi di Bintan penuh, sehingga industri wisata berkembang baik.

"Bintan menjadi host Tour de Bintan yang semakin populer, di banyak negara, sebagai tempat balap sepeda yang berkualitas didukung fasilitas yang mewadahi," kata Menpar Arief Yahya.

Comments