TOP FASHION: Penasaran dengan Busana Putih Panjang yang Dipakai Raja Salman?

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

TOP FASHION: Penasaran dengan Busana Putih Panjang yang Dipakai Raja Salman?

TOP FASHION: Penasaran dengan Busana Putih Panjang yang Dipakai Raja Salman?

KEPONEWS.COM - TOP FASHION: Penasaran dengan Busana Putih Panjang yang Dipakai Raja Salman? JIKA diperhatikan, para pria Arab, termasuk Raja Salman, kerap mengenakan busana putih panjang berukuran longgar, yang dikenal dengan nama kandora atau kondura.Ya, di Indonesia sendiri, potongan busan...

JIKA diperhatikan, para pria Arab, termasuk Raja Salman, kerap mengenakan busana putih panjang berukuran longgar, yang dikenal dengan nama kandora atau kondura.

Ya, di Indonesia sendiri, potongan busana tersebut dikenal dengan nama gamis. Namun, di Arab Saudi, busana tersebut bernama kandora atau kondura.

Apa itu kandora?

Kandora merupakan busana berpotongan panjang dan longgar yang tidak memiliki kerah. Potongan model kandora sangat bervariasi berbeda tergantung dari negara asalnya. Model kerah dan lengan kandora menentukan tampilannya.

Dibandingkan dengan kandora yang berasal dari negara lain, seperti Oman atau Bahrain, kandora yang dikenakan oleh Raja Salman dan para pangeran memiliki potongan yang lebih ketat. Kerahnya cenderung lebih tertutup, memiliki kantong, dan terdapat dua buah kancing.

Di Kuwait, model kandora tak berbeda jauh dengan kandora Arab. Kandora Kuwait berpotongan slim fit dengan satu kancing di bagian kerah. Sementara, di Maroko, kerah kandora cenderung seperti kemeja dan lengannya lebih pendek.

Tidak harus berwarna putih

Kondura memang banyak ditemui berwarna putih, tak terkecuali Raja Salman dalam kunjungannya ke Tanah Air, masih menggunakan kandora berwarna putih hingga hari ini. Namun, kandora sesungguhnya hadir dengan beragam macam warna, mulai dari warna hitam, abu, beige, atau cream.

Warna putih memang menjadi favorit sebagian besar pria Arab lantaran cuaca panas di daerah Timur Tengah. Tak heran jikalau material kandora yang digunakan pun harus menyerap keringat dan ringan. Sementara, ketika musim dingin, mereka menggunakan kandora berwarna hitam atau cokelat, dengan material yang lebih tebal.

Disempurnakan dengan ghutrah dan iqal

Selain mengenakan kandora, raja dan pangeran Arab menyempurnakan penampilan dengan jubah panjang tradisional Arab, yang dikenal dengan bisht atau mishlah.

Mishlah hadir dalam banyak sekali warna, seperti abu, hitam, cokelat, abu, putih hingga creme. Ciri khasnya, mishlah hadir dengan aksen bordir emas di bagian ujungnya. Ketika mengenakan mishlah, lazimnya bagian sisi kiri dikenakan hanya sampai pergelangan tangan dan pemakainya memperlihatkan lengan panjang busana gamis.

Untuk bagian penutup kepala, mereka tampak mengenakan ghutra atau shumagh. Di Indonesia sendiri, ghutra dikenal dengan surban, yakni kain berbentuk persegi yang bisa dilipat diagonal agar membentuk pola segitiga dan ditempatkan di bagian atas kepala.

Setelah menggunakan surban, para pria Arab menggunakan igal atau iqal/ igal atau iqal merupakan ikat kepala hitam berbahan karet yang berfungsi untuk menahan surban agar tetap berada di atas kepala. Demikian sebagaimana dikutip Esquireme, Jumat (3/3/2017)

TOP FASHION: Penasaran dengan Busana Putih Panjang yang Dipakai Raja Salman?

Comments