Tom Lembong: Semangat Deregulasi Sudah Kendur!

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Tom Lembong: Semangat Deregulasi Sudah Kendur!

Tom Lembong: Semangat Deregulasi Sudah Kendur!

KEPONEWS.COM - Tom Lembong: Semangat Deregulasi Sudah Kendur! JAKARTA - Kepala BKPM Thomas Lembong Trikasih menyebut ada 23 Peraturan Menteri (Permen) selama periode 1 2017 menghambat laju realisasi investasi. Menurut dia, semangat pemerintah dalam empat bulan i...
Loading...

JAKARTA - Kepala BKPM Thomas Lembong Trikasih menyebut ada 23 Peraturan Menteri (Permen) selama periode 1 2017 menghambat laju realisasi investasi. Menurut dia, semangat pemerintah dalam empat bulan ini tidak menunjukan kemauan untuk menarik banyak investasi ke dalam negeri.

Pasalnya, pemerintah sekarang ini cenderung banyak membuat reregulasi ketimbang deregulasi aturan yang ada supaya tidak lagi menyulitkan investasi.

BERITA REKOMENDASI

"Menurut saya tetap kendur semangat deregulasi dan berkurang momentum reformasi ekonomi. Ini bukan pertama kali, tapi saya mau tegaskan bahwa empat sampai lima bulan terkahir kita lihat bukan deregulasi yang dilakukan tapi regulasi lebih banyak Permen dan persyaratan dan perizinan baru," tuturnya di Kantor Pusat BKPM, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Menurutnya, pengurangan atau penyederhanaan aturan semestinya yang dilakukan. Jadi, bukan membuat aturan yang justru menyulitkan. Sayangnnya, Tom enggan menyebut dari Kementerian mana aturan itu diterbitkan. "Kalau ingat di sidang kabinet banyak regulasi keluar bukan kondusif bagi investasi tapi malah menyulitkan," ungkapnya.

Sekadar berita, Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Azhar Lubis mengatakan dari realisasi investasi periode I 2017, capaian PMDN sebesar Rp68,8 triliun naik 36,4% dari Rp50,4 triliun pada periode yang sama di 2016. Sedangkan untuk PMA mencapai Rp97,0 triliun naik 0,94% dari Rp96,1 triliun pada periode yang sama di 2017.

Tom Lembong: Semangat Deregulasi Sudah Kendur!

Comments