Tol Layang Jakarta-Cikampek Berjarak 38 Km, Pengemudi Perhatikan Hal Ini

Otomotif

News / Otomotif

Tol Layang Jakarta-Cikampek Berjarak 38 Km, Pengemudi Perhatikan Hal Ini

Tol Layang Jakarta-Cikampek Berjarak 38 Km, Pengemudi Perhatikan Hal Ini

KEPONEWS.COM - Tol Layang Jakarta-Cikampek Berjarak 38 Km, Pengemudi Perhatikan Hal Ini JAKARTA - Kenyamanan memakai jalur bebas hambatan alias jalan tol, mendorong banyak pengendara mengambil pilihan tersebut untuk memangkas waktu perjalanan. Opsi bagi pengendara kini bertambah dengan t...

JAKARTA - Kenyamanan memakai jalur bebas hambatan alias jalan tol, mendorong banyak pengendara mengambil pilihan tersebut untuk memangkas waktu perjalanan. Opsi bagi pengendara kini bertambah dengan tersedianya jalan tol layang atau elevated di ruas Jakarta- Cikampek (Japek).

Jalur dengan panjang 38 kilometer tersebut, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/12/2019) ini. Kegiatan ini lebih cepat dari jadwal yang seharusnya baru dilakukan pada 20 Desember 2019 mendatang. Usai diresmikan, pengendara yang berniat memakai jalur ini wajib memperhatikan sejumlah hal.

Jalan Tol Layang

Terutama mengingat situasi jalan yang cenderung monoton tanpa mempunyai area istirahat sepanjang jalur tol layang tersebut. "Keadaan ini bisa menjadi pemicu sindrom Highway Hypnosis sehingga pengendara bisa kehilangan kesadaran sementara walaupun aktif mengendarai mobil," ujar Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

Monotonnya kondisi jalan secara lingkungan, termasuk jarak dinding pembatas yang cukup dekat dengan kendaraan, bisa membuat pengemudi terlena. "Pengemudi wajib memperhatikan batas kecepatan termasuk saat harus memasuki tikungan walaupun sudutnya landai," kata Jusri ketika dihubungi oleh Okezone.

Selanjutnya

Comments