Toilet Duduk Vs Jongkok, Mana yang Lebih Membantu BAB

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Toilet Duduk Vs Jongkok, Mana yang Lebih Membantu BAB

Toilet Duduk Vs Jongkok, Mana yang Lebih Membantu BAB

KEPONEWS.COM - Toilet Duduk Vs Jongkok, Mana yang Lebih Membantu BAB SEMBELIT merupakan kondisi yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Selain membuat feses sulit keluar, sembelit juga membuat perut mulas dan terasa penuh. Baru-baru ini, sebuah toilet jongkok diseb...
Loading...

SEMBELIT merupakan kondisi yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Selain membuat feses sulit keluar, sembelit juga membuat perut mulas dan terasa penuh. Baru-baru ini, sebuah toilet jongkok disebut-sebut dapat melancarkan BAB. Benarkah demikian?

Alasan umum yang membuat Kamu sulit buang air besar merupakan sembelit. Namun, desain toilet yang digunakan ternyata juga memengaruhi kelancaran buang air besar.

Kalau ditanya, mana yang Kamu pilih, kloset jongkok atau duduk? Meski kloset duduk lebih tidak melelahkan, beberapa orang lebih nyaman memakai kloset jongkok, mungkin Kamu juga termasuk.

Alasannya, mereka yang yang terbiasa memakai jenis kloset ini merasa bahwa kloset jongkok memudahkan mereka untuk buang air besar dengan lancar. Hal ini disebabkan karena posisi jongkok memang mempermudah BAB.

Ini Penyakit Paling Boros Habiskan Anggaran BPJS Kesehatan

Bagaimana dengan mereka yang menggunakan toilet duduk, bagaimana cara untuk memperlancar BAB?

Lantas, bagaimana dengan mereka yang memakai toilet duduk, bagaimana cara untuk memperlancar BAB? Nah, ada solusi untuk mereka yang memakai toilet duduk, adalah memakai pijakan kaki, karena membantu melancarkan BAB dengan mendorong feses ke usus besar jauh lebih baik.

Penyebabnya lantaran saat meletakkan kaki di pijakan toilet, kaki membentuk posisi seperti berjongkok. Temuan ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang diselenggarakan oleh Ohio State University Wexner Medical Center dan College of Medicine.

Sebanyak 52 responden yang mengalami sembelit diminta memakai toilet duduk dengan pijakan kecil untuk kaki. Benda ini juga disebut sebagai squatty potty.

Para responden itu kemudian diminta mengenakan alat itu selama 1 bulan untuk dilihat perkembangannya dalam mengatasi sembelit.

Sektor Pariwisata Rasakan Dampak Positif dari Pembangunan Infrastruktur di Era Jokowi

 71% peserta melaporkan penggunaan squatty potty dapat membantu melancarkan BAB.

Hasilnya menunjukkan 71% peserta melaporkan penggunaan squatty potty dapat membantu melancarkan BAB. Sementara itu, 90% mengaku bahwa mereka tidak ngeden sebanyak biasanya.

Dua per tiga jumlah peserta bahkan menyatakan bahwa mereka akan terus memakai squatty potty untuk mempermudah keluarnya feses saat BAB.

"Studi ini menunjukkan bahwa memakai alat sederhana di toilet, dapat membantu mempermudah melancarkan BAB dan mengurangi gejala sembelit, seperti kembung dan gerakan usus yang tidak kadang menimbulkan rasa tidak nyaman", papar dr. Peter Stanich, asisten dosen bagian gastroenterologi, hepatologi, dan nutrisi di Pusat Medis Ohio State University Wexner Medical Center.

Loading...

Comments