Titik Hijau Misterius di Galaksi Terekam Satelit NASA, Pertanda Apa?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Titik Hijau Misterius di Galaksi Terekam Satelit NASA, Pertanda Apa?

Titik Hijau Misterius di Galaksi Terekam Satelit NASA, Pertanda Apa?

KEPONEWS.COM - Titik Hijau Misterius di Galaksi Terekam Satelit NASA, Pertanda Apa? Titik hijau misterius. (NASA/JPL-Caltech) Satelit NASA, observatorium sinar-x NuSTAR diketahui baru saja merekam titik hijau misterius yang berada di galaksi kembang api NGC 6946. Cukup membuat penas...

Titik hijau misterius. (NASA/JPL-Caltech)

Satelit NASA, observatorium sinar-x NuSTAR diketahui baru saja merekam titik hijau misterius yang berada di galaksi kembang api NGC 6946. Cukup membuat penasaran, banyak yang bertanya-tanya mengenai tanda titik hijau tersebut.

Observatorium sinar-x NuSTAR milik NASA ini dibuat dengan tujuan untuk mempelajari supernova di galaksi NGC-6946. Ialah kebetulan saat satelit akhirnya berhasil menangkan penampakan titik hijau misterius tersebut.

Saat pertama kali terekam satelit NASA, titik hijau ini tidak nampak. Perlu menunggu hingga sepuluh hari di pengamatan kedua untuk kemudian melihat titik tersebut bersinar terang.

Dalam waktu singkat usai terekam, titik hijau misterius ini langsung menghilang. Para ilmuwan NASA lalu menamakan penemuannya ini dengan nama ULX-4.

Dilansir dari Express.co.uk, asal mula titik hijau tersebut masih belum diketahui. Namun, bertindak cepat, para ilmuwan langsung membuat penelitian untuk penemuan besar ini.

Lubang Hitam. (NASA/CXC/Villanova University/J. Neilsen)Lubang Hitam. (NASA/CXC/Villanova University/J. Neilsen)

Mengingat tidak ada cahaya yang terdeteksi berasal dari gumpalan gas berwarna hijau, sangkaan sementara menyebutkan bahwa titik hijau tersebut ialah supernova.

Kemungkinan lain menyebutkan bahwa titik hijau tersebut muncul karena Lubang Hitam yang sedang menelan benda ruang angkasa. Salah satunya ialah bintang.

Proses ini terkait dengan saat bintang terhisap ke Lubang Hitam dan dipisahkan dari gravitasi, maka terjadi kilatan energi yang sangat besar.

Ilmuwan lain menyebutkan bila titik hijau tersebut kemungkinan ialah bintang neutron yang padat dan terbentuk saat bintang meledak.

Titik hijau misterius. (NASA/JPL-Caltech)Titik hijau misterius. (NASA/JPL-Caltech)

Secara singkat titik hijau misterius ini bisa saja mempunyai kesamaan dengan Lubang Hitam yang berasal dari bintang yang jauh lebih kecil.

Bintang kecil ini yang nantinya dapat menghasilkan sumber sinar-x ultraluminois yang mirip dengan titik hijau misterius yang terekam satelit NASA.

Masih menjadi misteri, NASA mengimbau jikalau kemunculan titik hijau misterius ini tidak perlu dikhawatirkan karena terjadi di galaksi.

Comments