Tips Tetap Sehat di Musim Penghujan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tips Tetap Sehat di Musim Penghujan

Tips Tetap Sehat di Musim Penghujan

KEPONEWS.COM - Tips Tetap Sehat di Musim Penghujan Penting bagi Anda untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi, saat musim penghujan telah tiba. Sistem kekebalan tubuh biasanya mudah drop saat cuaca dingin. Menurunnya tingkat daya tahan...

Penting bagi Anda untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi, saat musim penghujan telah tiba. Sistem kekebalan tubuh biasanya mudah drop saat cuaca dingin.

Menurunnya tingkat daya tahan tubuh biasanya ditandai dengan mudahnya terkena flu, demam, sakit tenggorokan, batuk, dan infeksi.

Meski sistem kekebalan tubuh bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat, namun, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar virus dan bakteri tak mudah menyerang. Berikut tipsnya dilansir laman Live Strong.

Cuci tangan

Diperkirakan sekitar 80 persen virus menyebar lewat tangan. Untuk itu mencuci tangan secara teratur, idealnya minimal 15 detik dengan sabun dan air hangat ialah cara pencegahan yang paling efektif. Namun, penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan rata-rata hanya enam detik, cuci tangan secara menyeluruh dan teratur, terutama setelah bepergian dengan kendaraan umum, setelah pergi ke kamar mandi dan sebelum makan.

Mood positif

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berada dalam mood positif saat menjalani vaksinasi flu, akan lebih baik dan efektif. Mereka memeriksa seberapa vaksin tersebut bekerja dengan mengukur jumlah antibodi influenza empat minggu dan 16 minggu setelah injeksi. Hasilnya menunjukkan bahwa mood yang baik dikaitkan dengan tingkat antibodi yang lebih tinggi.

Bersosialisasi

Seseorang yang memiliki hubungan yang baik dengan banyak orang, seperti rekan kerja, sahabat, keluarga besar, dan lain-lain cenderung tidak mudah terserang flu. Jadi trik sederhana dan menyenangkan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh ialah meluangkan waktu bersama orang lain.

Bawang putih

Bawang putih.

Konsumsi bawang putih mentah dikatakan bisa membantu melawan virus. Bawang putih bertindak sebagai penguat kekebalan yang kuat yang bisa merangsang sel-sel darah putih untuk melawan infeksi, meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dan meningkatkan produksi antibodi.

Makan Sehat

Mengonsumsi buah-buahan yang segar sangat penting, karena buah dan sayur paling kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang akan menjaga kekebalan tubuh. Disarankan juga untuk minum probiotik yang mengandung bakteri baik seperti lactobacillus yang akan membuat Anda jauh dari masalah infeksi perut.

Minum air putih yang cukup

Jangan pernah mengabaikan manfaat air putih untuk kesehatan. Asupan air yang cukup selalu diharapkan oleh tubuh untuk mencegah dehidrasi, sehingga flu dan infeksi cepat sembuh atau bahkan menjauh.

Air dalam tubuh kita membawa nutrisi ke sel Anda, membuang racun dan menjaga tubuh tetap stabil. Ini membuat lapisan mulut terhidrasi dan lembap, mengurangi risiko terserang flu. Minum banyak air juga membantu tubuh Anda menghantarkan nutrisi, membuang limbah dan mencairkan lendir, membantu menghilangkan bakteri dan virus yang bisa membuat Anda sakit.

Minum Suplemen

Tablet vitamin C bisa berguna membantu melawan flu. Mengonsumsi cukup vitamin C sangat dianjurkan dalam bentuk apapun termasuk suplemen. Suplemen vitamin C mungkin sangat diharapkan bagi Anda yang setiap hari berada di lingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi.

Laporan: Sella Maulidya

Comments