Tips Puasa Sehat untuk Ibu Hamil

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Puasa Sehat untuk Ibu Hamil

Tips Puasa Sehat untuk Ibu Hamil

KEPONEWS.COM - Tips Puasa Sehat untuk Ibu Hamil Ibu hamil dipersilahkan berpuasa. Tapi, kalau kondisi tubuhnya tidak sehat, maka puasa tidak direkomendasikan. Menurut Pakar Kesehatan Prof Ari Fahrial Syam, kalau ibu hamil ini mual-mual hingga munta...

Ibu hamil dipersilahkan berpuasa. Tapi, kalau kondisi tubuhnya tidak sehat, maka puasa tidak direkomendasikan.

Menurut Pakar Kesehatan Prof Ari Fahrial Syam, kalau ibu hamil ini mual-mual hingga muntah, maka puasa tidak direkomendasikan. "Itu indikasi paling mudah untuk menilai apakah ibu hamil boleh berpuasa atau tidak dalam kontek kesehatan," katanya beberapa waktu lalu.

puasa

Jadi, kalau ibu hamil tidak mengalami gejala kesehatan, termasuk tidak mual dan muntah, ya, dipersilahkan berpuasa. Alasannya adalah, ibu hamil yang berpuasa pun akan memberi dampak baik bagi kesehatan dia dan janinnya.

"Jangan khawatir untuk berpuasa karena tidak akan memengaruhi pertumbuhan janin. Lagipula, berpuasa juga akan memberi manfaat tubuh lebih sehat bila dilakukan dengan baik dan benar," kata Ahli Kandungan Prof Dwiana Oviyanti.

Prof Ovi pun memberikan beberapa tips puasa sehat yang bisa dijalankan para ibu hamil, salah satunya merupakan memastikan asupan cairan 12 gelas per hari.

Dia menegaskan, jangan kemudian mikirnya harus minum 12 gelas yang kayaknya terkesan bikin begah, tapi ada trik untuk tetap mencukupi asupan air harian tersebut.

"Jangan 12 gelasnya itu diartikan 12 gelas secara harfiah. Tapi, kecukupan cairan itu bisa juga dari panganan yang mengandung air, misalnya sup buah tapi pakainya susu segar bukan pakai kental manis, lalu bisa juga asupan buah kaya akan air. Tentu, minum air putihnya juga harus," katanya.

Kemudian, Kamu bisa juga menambahkan menu agar-agar yang kaya akan serat dan ada kandungan airnya juga. Intinya, kata Prof Ovi, usahakan konsumsi panganan kaya air.

"Jangan kemudian buka puasa makan nasi, rendang, dan kerupuk. Sayurnya mana? Buahnya mana? Ini yang keliru. Jadi, pastikan asupan makanan dan minuman yang masuk sesuatu yang bergizi seimbang dan kaya akan air yang bisa memastikan tubuh ibu hamil tetap fit selama menjalani puasa," tambah Prof Ovi.

(DRM)

Comments