Tips Penting saat Mempersiapkan Liburan ke Luar Negeri

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Penting saat Mempersiapkan Liburan ke Luar Negeri

Tips Penting saat Mempersiapkan Liburan ke Luar Negeri

KEPONEWS.COM - Tips Penting saat Mempersiapkan Liburan ke Luar Negeri SIAPA yang tidak ingin liburan ke luar negeri? Selain menambah pengalaman, banyak manfaat yang bisa kamu dapat seperti membuka pandangan, menambah wawasan, dan tentunya sabagai sarana refreshing saat...

SIAPA yang tidak ingin liburan ke luar negeri? Selain menambah pengalaman, banyak manfaat yang bisa kamu dapat seperti membuka pandangan, menambah wawasan, dan tentunya sabagai sarana refreshing saat bosan menjalani rutinitas.

Liburan ke luar negeri bisa jadi tantangan tersendiri buat kamu. Pasalnya, saat memutuskan liburan ke luar negeri, ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan dengan matang, terlebih kalau hal tersebut merupakan pengalaman pertama. Agar lebih mudah, berikut empat hal yang perlu kamu persiapkan saat merencanakan liburan ke luar negeri:

1. Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan

Hal yang harus kamu persiapkan pertama kali saat merencanakan liburan ke luar negeri merupakan paspor. Kalau belum memilikinya, sebaiknya buatlah jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan. Membuat paspor kini bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui situs resmi Direktorat Jenderal Imigrasi.

Dokumen lainnya yang perlu kamu persiapkan ialah visa turis negara destinasi. Lama pembuatan visa sekitar dua minggu, jadi sebaiknya urus visa semenjak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Pastikan juga kamu sudah tahu negara tujuan liburan, karena beberapa negara juga membebaskan visa untuk WNI.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan health certificate dari Departemen Kesehatan berisi keterangan bahwa kamu bebas penyakit menular. Dokumen ini penting agar kamu bisa untuk memasuki ke negara yang dituju tanpa penahanan atau karantina. Ada pun jenis penyakit yang biasanya divaksinasi dan memerlukan dokumen ialah cacar, penyakit kuning, dan kolera.

2. Pelajari bahasa negara tujuan

Saat berkunjung ke luar negeri, tentu kamu harus paham dan bisa Bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Selain Bahasa Inggris, sebaiknya kamu juga paham sedikit bahasa lokal yang berlaku di negara tujuan. Hapalkan sedikit ungakapan-ungkapan sederhana seperti ucapan perkenalan, terima kasih, atau meminta bantuan.

Bawa juga brosur-brosur informatif mengenai negara tujuan sebagai petunjuk saat mengalami kendala bahasa. Tak hanya itu, sebelum keberangkatan pastikan kamu sudah mengunduh software penerjemah di smartphone untuk membantu dalam percakapan.

3. Siapkan mata uang lokal negara tujuan

Hal tidak kalah penting kamu persiapkan sebelum keberangkatan ke luar negeri ialah uang tunai yang berlaku di negara tujuan Sebaiknya, tukarkan Rupiah kamu dengan mata uang lokal di money changer atau bank setempat dan hindari menukarnya di bandara kecuali keadaan terdesak. Pasalnya, di bandara mata uang negara tujuan akan dihargai lebih mahal.

Sebisa mungkin gunakan credit card atau debit card dari bank yang tidak membebankan biaya transaksi di luar negeri saat melakukan transaksi. Dengan begitu, bujet perjalanan kamu bisa lebih hemat untuk digunakan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat.

4. Tetap terkoneksi saat liburan keluar negeri

Kapan pun dan di mana pun kamu berada, koneksi internet tetap menjadi salah satu hal paling penting yang harus tetap ada. Apalagi saat liburan di luar negeri, kamu memerlukan koneksi internet sebagai sarana komunikasi, pemesanan transportasi dan hotel, penggunaan GPS, serta tak kalah penting untuk update di sosmed.

Oleh karena itu, siapkan paket data roaming dari operator seluler yang kamu gunakan sebelum kepergian. Saat memakai data roaming kamu tidak perlu mengganti kartu SIM card atau mengandalkan WiFi, jadi lebih praktis bukan? Paket roaming bisa kamu beli sesuai kebutuhan di Traveloka. Selain praktis, harga paket data roaming di Traveloka mempunyai harga yang murah, terlebih dengan adanya promo berupa potongan harga. Dengan begitu, komunikasi di luar negeri tetap berjalan lancar.

Itulah beberapa tips penting saat mempersiapkan liburan ke luar negeri. Jangan sampai karena persiapan yang kurang matang, liburan keluar negeri kamu terhambat. Jadi, negara mana yang akan kamu kunjungi?

(hth)

Comments