Tips Optimalkan Kamera HP untuk Kerjakan Tugas Video Sekolah Anak

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Optimalkan Kamera HP untuk Kerjakan Tugas Video Sekolah Anak

Tips Optimalkan Kamera HP untuk Kerjakan Tugas Video Sekolah Anak

KEPONEWS.COM - Tips Optimalkan Kamera HP untuk Kerjakan Tugas Video Sekolah Anak Ilustrasi membuat konten dengan HP. (Oppo Indonesia) Pemberlakuan kembali masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi membuat aktivitas kita menjadi terbatas. Pemerintah mengingatkan kita un...

Ilustrasi membuat konten dengan HP. (Oppo Indonesia)

Pemberlakuan kembali masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi membuat aktivitas kita menjadi terbatas. Pemerintah mengingatkan kita untuk tetap berkegiatan di rumah, termasuk juga sekolah yang harus dilakukan dari rumah secara daring.

Ketika anak bersekolah online di rumah terkadang memperoleh tugas dari guru dalam bentuk video interaktif. Beruntung saat ini kebanyakan smartphone telah dilengkapi dengan kamera yang cukup mumpuni untuk merekam video, jadi bisa meringankan para orang tua tanpa harus membeli video camcorder mahal.

Namun demikian, para orang tua masih merasa kesulitan untuk membantu tugas video sekolah untuk anaknya agar kualitas perekaman dari smartphone tampil bagus. Berikut beberapa tips yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk menghasilkan video dengan memakai smartphone.

Ilustrasi membuat konten dengan HP. (Oppo Indonesia)Ilustrasi membuat konten dengan HP. (Oppo Indonesia)

1. Gunakan Tripod

Terkadang membuat video dengan objek anak-anak cukup sulit karena selalu tampil atraktif dan banyak bergerak. Hal ini sangat merepotkan apabila kita hanya mengandalkan smartphone untuk mengikuti gerakan anak-anak. Dengan cara memakai tripod maka akan membantu menghasilkan video yang lebih stabil.

2. Manfaatkan Fasilitas Penstabil Gambar

Tidak semua smartphone dilengkapi dengan fasilitas penstabil gambar. Apabila smartphone kamu telah dilengkapi dengan fasilitas ini, maka sangat membantu untuk mengambil gambar anak-anak yang tampil atraktif. Beberapa fasilitas penstabil gambar juga dilengkapi dengan kombinasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), bahkan mengkombinasikan sensor yang ada di smartphone diantaranya gyroscope. Beberapa smartphone bahkan telah dilengkapi dengan fasilitas penstabil gambar layaknya di kamera profesional, sebagai contoh Ultra Steady Pro.

3. Gunakan Fasilitas agar Video Lebih Menarik

Smartphone modern banyak mempunyai fitur-fitur yang dapat membuat hasil perekaman menjadi menarik. Sebagai contoh fasilitas background yang terlihat blur atau bokeh. Dengan fasilitas ini kita dapat melakukan isolasi objek sementara latar belakang gambar di luar objek dibuat menjadi blur. Banyak sekali macam filter untuk video juga dapat diterapkan untuk membuat hasil video tampil beda. Begitu pula dengan fasilitas yang dikembangkan dengan kecerdasan buatan adalah isolasi warna.

4. Atur Resolusi Tertinggi

Apabila tugas video sekolah akan dikirimkan dalam bentuk file video mentah melalui layanan Cloud, sebbaiknya kita memberikan resolusi video yang tinggi. Beberapa smartphone masa kini bahkan sanggup untuk merekam video dalam resolusi 4K. Dengan kemampuan resolusi gambar yang tinggi maka hasil video akan terlihat lebih jelas, tajam, dan jernih.

Nah, sekarang para orangtua bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk membuat tugas video dari sekolah anak agar tampil lebih menarik dan lebih baik. Beberapa fasilitas di atas telah ada di smartphone yang harganya relatif terjangkau, salah satu diantaranya ialah OPPO Reno4. Dengan harga Rp4.999 juta, OPPO Reno4 telah menyediakan kemampuan perekaman video 4K. Selain itu, di perangkat ini juga telah mempunyai fasilitas penstabil gambar yang terdiri dari Ultra Steady video dan Ultra Steady Video Pro. Kedua fasilitas tersebut membantu pengguna agar bisa merekam gambar lebih stabil tanpa bantuan alat tambahan seperti gimbal.

Di samping itu, OPPO Reno4 juga menyisipkan fitur-fitur video nan menarik. Fasilitas AI Color Portrait Video yang dapat merekam video dengan menjaga objek mempunyai warna seperti aslinya sedangkan latar belakang objek dibuat menjadi hitam-putih. Sementara itu, fasilitas Monochrome Video kian menambah tampilan video lebih menarik lagi. Pengguna dapat menunjukkan elemen warna tertentu yang menonjol pada video seperti merah, biru, atau hijau, sementara warna lain dibuat menjadi hitam-putih. Menarik bukan?

Comments