Tips Obati Flu, Konsumsi Jahe hingga Mandi Air Hangat

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Obati Flu, Konsumsi Jahe hingga Mandi Air Hangat

Tips Obati Flu, Konsumsi Jahe hingga Mandi Air Hangat

KEPONEWS.COM - Tips Obati Flu, Konsumsi Jahe hingga Mandi Air Hangat Di musim pancaroba ini, flu rentan menyerang imun tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan bisa menular melalui bersin atau menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus influenza. Flu...

Di musim pancaroba ini, flu rentan menyerang imun tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan bisa menular melalui bersin atau menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus influenza. Flu merupakan kombinasi rasa nyeri tubuh, demam, menggigil, dan hidung tersumbat.

Ada banyak pengobatan rumahan yang dapat meringankan flu dan membuat Kamu kembali fit, melansir dari Healthline.

1. Jahe

Jahe mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dalam mengatasi flu. Beberapa irisan jahe mentah dalam air mendidih dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga bisa menangkal perasaan mual yang sering menyertai influenza.

2. Sup ayam

Penelitian menunjukkan bahwa semangkuk sup ayam dengan sayuran yang hangat, dapat memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh Kamu. Neutrofil ialah jenis sel darah putih yang membantu melindungi tubuh Kamu dari infeksi. Sup ayam efektif untuk mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan. Sup ini juga mempunyai nilai gizi yang tinggi dan membantu Kamu tetap terhidrasi.

3. Madu

Madu mempunyai beragam sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dalam teh dengan lemon dapat meredakan sakit tenggorokan. Namun, jangan memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun, karena sering kali mengandung spora botulinum (bakteri C yang dapat berkembang biak dalam tubuh bayi) dan sistem kekebalan bayi tidak bisa melawannya.

Di musim pancaroba ini, flu rentan menyerang imun tubuh.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang mempunyai sifat antimikroba. Menambahkan suplemen bawang putih ke dalam makanan Kamu dapat mengurangi keparahan gejala flu.

5. Echinacea

Ramuan dan akar tanaman echinacea dipercaya dapat mengobati infeksi selama lebih dari 400 tahun. Bahan aktifnya termasuk flavonoid, dapat meningkatkan sistem kekebalan Kamu dan mengurangi peradangan.

Menurut penelitian, echinacea dapat menurunkan risiko terkena flu hingga lebih dari 50 persen dan mengurangi lamanya pilek. Kamu bisa minum 1 hingga 2 gram akar atau ramuan echinacea sebagai teh, tiga kali sehari, dan tidak lebih dari seminggu.

Penelitian Ungkap Diet Tinggi Protein Baik untuk Lansia

Comments