Tips Nyaman Menggunakan Earphone

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Nyaman Menggunakan Earphone

Tips Nyaman Menggunakan Earphone

KEPONEWS.COM - Tips Nyaman Menggunakan Earphone Memakai earphone/earbuds pada sejumlah gadget seperti pemutar MP3, ponsel, dll merupakan cara yang trendi untuk membuat perjalanan panjang atau melelahkan sebagai terasa menyenangkan.Tidak diragukan l...
Tips Nyaman Menggunakan Earphone Memakai earphone/earbuds pada sejumlah gadget seperti pemutar MP3, ponsel, dll merupakan cara yang trendi untuk membuat perjalanan panjang atau melelahkan sebagai terasa menyenangkan.Tidak diragukan lagi bahwa earphone aman digunakan, tetapi bahkan earphone terbaik sekalipun dapat melibatkan kerusakan indera pendengaran dan resiko gangguan pendengaran.

Sebenarnya tak perlu memakai earphone dengan harga mahal, yang terpenting Kamu tahu bagaimana cara memakai earphone yang benar. Earphone yang Kamu miliki dapat terdengar mengerikan dan membuat Kamu tidak nyaman kalau ukurannya tidak pas dengan indera pendengaran Kamu,terlalu ketat atau longgar. Berikut ini Masternya Tips merangkum beberapa tips perihal penggunaan earphone yang baik untuk Kamu :

1. Atur suara pada volume rendah
Ketika kita menempatkan speaker mini tepat di luar saluran indera pendengaran, suara disuntikkan langsung ke indera pendengaran dan kita mendapatkan suara pada tingkat yang jauh lebih keras. Suara yang kita terima menjadi sangat dekat dengan membran sensitif pada indera pendengaran kita, maka resiko kerusakan indera pendengaran atau gangguan pendengaran pun meningkat.

Oleh karena itu disarankan saat mendengarkan musik, Kamu harus menjaga volume agar tidak lebih dari 60% dari tingkat maksimum atau tidak boleh lebih dari 80 db. Sebaiknya tombol volume dipasang pada 50-60 % dari total volume, maka dari itu gunakan alat pemutar musik yang mempunyai volume control. Hindari memakai alat pemutar musik dalam pesawat terbang atau pada lingkungan ramai, alasannya adalah di situasi itu Kamu cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.



2. Batasi penggunaan
Kalau Kamu bisa membatasi penggunaan earphone/earbuds hanya untuk 45 menit per hari, secara signifikan kerusakan indera pendengaran dapat dihindari. Penggunaan melebihi 45 menit perhari dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan bahkan ketulian.

Berdasarkan penemuan Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian hal ini telah dialami oleh beberapa remaja yang memakai 'earphone' pada alat pemutar musik dalam pesawat dari Bangkok ke Jakarta (rata-rata memakan waktu selama 3 jam 25 menit). Saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, indera pendengaran mereka menjadi tuli dengan derajat ketulian 110 decibel (db). Sedangkan normal pendengaran kita 0-25 db. Padahal,kalau telah terjadi gangguan seperti ini akan sulit untuk diobati dan disembuhkan. Bahkan hal terburuk yang akan terjadi ialah mengalami tuli permanen.

Pengobatan yang dilakukan pun hanya bisa mengembalikan derajat ketulian menjadi 55 db dan ini termasuk dalam kategori ketulian derajat sedang-berat yang tidak akan mungkin kembali normal. Dan perlu diketahui, gejala awal gangguan ini hanya di nada tinggi sehingga sering tidak dirasakan karena umumnya kita bercakap-cakap dalam nada rendah. Setelah semua frekwensi terkena, baru terasa bahwa pendengaran terganggu dan sudah terlambat untuk diobati.

3. Ukuran yang pas
Pilihlah eartip dengan ukuran yang tepat atau sesuai dengan indera pendengaran Kamu. Cobalah banyak sekali ukuran eartip (biasanya terbuat dari silikon) yang ada di dalam paket penjualan. Selain untuk memperoleh output audio yang maksimal dari earphone Kamu, langkah tersebut juga merupakan cara terbaik untuk membuat indera pendengaran Kamu nyaman. Saat digunakan berolahraga, biasanya eartip akan tertarik ketika Kamu bergerak sehingga lama kelamaan eartip yang tersemat di indera pendengaran akan longgar.

Solusinya, Kamu bisa memindahkan kabel earphone ke belakang kepala dengan posisi kabel berada di atas indera pendengaran. Kemudian miringkan eartip agar sesuai dengan lubang indera pendengaran dan posisikan earphone bertanda "L" di sisi indera pendengaran kiri dan yang bertanda "R" di sisi indera pendengaran kanan. Tak ada salahnya memakai stabilizer yang mungkin sudah tersedia pada paket penjualan, biasanya terbuat dari material plastik dan berguna untuk mengganjal eartip agar tidak mudah goyang saat Kamu bergerak.

Kamu juga dapat mencoba stabilizer generik, seperti BudLocks Earphones Sport Grips dan untuk Apple earpods seperti pengait indera pendengaran Earbudi Clips. Kamu pun dapat memakai stabilizer tersebut untuk membantu eartip tetap berada di posisinya.


Comments