Tips Mudik Aman dan Nyaman ala Nissan

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Mudik Aman dan Nyaman ala Nissan

Tips Mudik Aman dan Nyaman ala Nissan

KEPONEWS.COM - Tips Mudik Aman dan Nyaman ala Nissan Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, mudik menjadi tradisi tahunan. Tak jarang juga pemudik yang memanfaatkan mobil pribadinya untuk menuju kampung halaman.Agar mudik aman dan nyaman menggunakan...
Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, mudik menjadi tradisi tahunan. Tak jarang juga pemudik yang memanfaatkan mobil pribadinya untuk menuju kampung halaman.

Agar mudik aman dan nyaman menggunakan kendaraan pribadi, Nissan Motor Indonesia (NMI) menyebarkan tips seputar persiapan mudik bersama komunitas Nissan-Datsun. Seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima detikOto, pada workshop ini NMI memberikan edukasi mengenai produk dan layanan Nissan-Datsun, serta membuatkan berita bermanfaat bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan jauh.

"Dengan meningkatnya mobilitas di masa mudik, kami ingin memastikan semua pelanggan kami dapat berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman dengan aman dan nyaman. Dengan workshop ini, kami ingin membekali komunitas Nissan-Datsun dengan banyak sekali tips yang bermanfaat sehingga pengalaman mudik mereka menjadi lebih menyenangkan," kata President Director Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito.

Di acara workshop ini, trainer Nissan College, Sugihendi memberikan beberapa tips ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi. Kata Sugihendi, beeberapa hal yang harus diperhatikan agar mudik aman dan nyaman ialah pesiapan kendaraan hingga teknik berkendaranya.

Menurut Sugihendi, ada 10 aspek yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan kendaraan pribadi untuk mudik. Ke-10 aspek itu antara lain periksa ban, aki, rem, wiper, washer, oli mesin, radiator, lampu, kotak P3K, dan servis rutin secara terencana.

"Bila semua aspek tersebut dalam kondisi yang baik, akan membawa rasa tenang dalam perjalanan mudik," ujar Sugihendi.

Dia juga menyebarkan tips terkait keselamatan berkendara. Katanya, pemudik harus memperhatikan beban muatan agar tak berlebihan.

"Beristirahat setiap mengemudi empat jam, dan memastikan bahwa kaca belakang mobil tidak tertutup barang-barang bawaan. Perhatikan manajemen barang, pastikan semua barang dalam keadaan terikat, atau diberi jaring pengaman, usahakan barang yang berat ada di posisi bawah untuk menjaga stabilitas, dan jangan menaruh bawaan melebihi ketinggian sandaran, karena dapat mengakibatkan cedera serius ketika kecelakaan," katanya.

Konsumsi bahan bakar juga menjadi perhatian. Sugihendi membuatkan tips soal teknik eco-driving yang membuat efisiensi bahan bakar lebih maksimal lagi.

Sugihendi menyarankan, pemudik melakukan akselerasi secara bertahap, hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan, dan menyesuaikan cara berkendara ketika menghadapi kemacetan untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang boros.

"Untuk jalanan macet stop and go, injaklah pedal gas dengan sangat halus, dan apabila memungkinkan pergunakanlah hanya pedal rem saja untuk transmisi automatic dan CVT untuk mengurangi penggunaan bahan bakar," katanya. (rgr/lth)

Tips Mudik Aman dan Nyaman ala Nissan

Comments