Tips Mudah Lakukan Perawatan Motor, Perhatikan 5 Langkah Ini

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Mudah Lakukan Perawatan Motor, Perhatikan 5 Langkah Ini

Tips Mudah Lakukan Perawatan Motor, Perhatikan 5 Langkah Ini

KEPONEWS.COM - Tips Mudah Lakukan Perawatan Motor, Perhatikan 5 Langkah Ini BANDUNG - Sepeda motor dengan kondisi prima ditengah pergantian cuaca terik ke musim hujan saat ini tentu tak akan mengalami masalah. Namun sepeda motor tanpa perawatan rajin tentu akan timbul masalah...
Loading...

BANDUNG - Sepeda motor dengan kondisi prima ditengah pergantian cuaca terik ke musim hujan saat ini tentu tak akan mengalami masalah. Namun sepeda motor tanpa perawatan rajin tentu akan timbul masalah yang bisa merepotkan pemiliknya saat mogok di tengah jalan.

Untuk menjaga kondisi motor tetap prima, pemilik sepeda motor harus melakukan perawatan rajin dan juga beberapa bagian komponen penting sepeda motor agar terhindar dari risiko mogok di jalan.

Berikut lima langkah melakukan perawatan yang dianjurkan main dealer Honda Jawa Barat Daya Adicipta Motor (DAM) untuk seluruh pemilik sepeda motor

1. Periksa Oli Mesin

Cek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum berpergian. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen didalam mesin tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebi awet.

Untuk itu lakukanlah penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM.

2. Periksa Baterai

Untuk sepeda motor saat ini dimana sudah mangadopsi sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol banyak sekali komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya.

Disarankan untuk tidak memakai variasi/aksesoris yang berlebih yang dapat menganggu fungsi kerja utama dari baterai itu sendiri, kata Ade.

3. Periksa Kondisi Ban

Tidak kalah pentingnya ialah tekanan angin ban. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat, tetapi kalau terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.

4. Lakukan Service Rajin

Lakukan service rajin sesuai jadwal perawatan bersiklus untuk memastikan semua komponennya bekerja dengan optimal. Bagi pengguna sepeda motor Honda, lakukan perawatan di bengkel resmi Honda atau AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang telah didukung oleh mekanik yang handal dan tentunya profesional.

5. Pilihan Spareparts

Ganti komponen sepeda motor sesuai jadwal servis yang ada seperti saringan udara, busi, oli, komponen pemindah tenaga seperti rantai roda atau drive belt pada motor skutik dan komponen lainnya.

Dengan kita menjaga komponen sepeda motor tetap dalam kondisi optimal, maka kondisi kendaraan dapat dipastikan dalam kondisi prima, tutup Ade.

(muf)

Loading...
Loading...

Comments