Tips menyulap ruang terbatas menjadi lebih luas

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips menyulap ruang terbatas menjadi lebih luas

Tips menyulap ruang terbatas menjadi lebih luas

KEPONEWS.COM - Tips menyulap ruang terbatas menjadi lebih luas Keterbatasan ruang seringkali menjadi tantangan seseorang dalam menata interior hunian serta dalam memilih jenis furnitur yang tepat. Apakah ada contekan dalam mendekorasi ruang terbatas? Pada dasarny...

Keterbatasan ruang seringkali menjadi tantangan seseorang dalam menata interior hunian serta dalam memilih jenis furnitur yang tepat. Apakah ada contekan dalam mendekorasi ruang terbatas? Pada dasarnya, terdapat beberapa langkah mudah untuk membuat hunian tampil lebih luas.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mendekorasi rumah seperti ukuran furnitur, pemilihan warna, hingga fungsi perabotan. Hunian dengan ruang terbatas tentu akan lebih cocok kalau diisi dengan ragam furnitur berukuran kecil hingga sedang. Selain itu, pilihan warna yang selaras dan pemilihan furnitur multi-fungsional dapat membantu menjadikan ruang terbatas menjadi lebih luas.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini:

1. Pemilihan warna cerah dan netral pada dinding.

Tips ruangan sempit © 2019

Warna mempunyai peran penting dalam memberikan suasana pada sebuah ruangan. Pemilihan warna dinding yang cerah dan netral seperti cream atau putih merupakan cara klasik yang sangat efektif guna membuat ruangan terbatas terkesan lebih luas, segar, dan terang. Pengaplikasian cat berwarna gelap sebaliknya akan membuat ruangan terlihat kecil, karena sifatnya yang menyerap sumber pencahayaan. Selain itu, warna gelap pun akan membuat suasana rumah menjadi nampak suram.

2. Plafon tinggi untuk kesan lebih luas.

Tips ruangan sempit © 2019

Sebuah ruangan terdiri dari dimensi horizontal dan vertikal. Rumah dengan langit-langit yang tinggi mempunyai kelebihan tersendiri, karena mempunyai ruang ekstra yang dapat digunakan untuk menarik perhatian ke atas. Tetapi apabila tidak mempunyai plafon tinggi, penggunaan jenis tirai panjang hingga menyentuh lantai dapat dijadikan alternatif. Teknik ini akan mengalihkan mata untuk melihat ke bagian atas rumah sehingga menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi serta luas.

3. Kombinasi tempat penyimpanan pada furnitur utama rumah.

Tips ruangan sempit © 2019

Tempat tidur menjadi furnitur wajib dari sebuah hunian, di mana kehadirannya tidak jarang mengambil banyak ruang. Padahal ruangan tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain jikalau tempat tidur tidak menghalangi. Solusi yang dapat kamu lakukan ialah memanfaatkan area bawah tempat tidur sebagai lemari pakaian, tempat penyimpanan barang, atau bahkan rak buku! Selain memberikan ruangan lebih, hal ini pun akan membuat hunianmu menjadi lebih keren, compact, dan menarik.

4. Maksimalkan ruang dinding rumah.

Tips ruangan sempit © 2019

Memanfaatkan dinding sebagai rak fungsional dapat menjadi cara lain menambah ruang di dalam rumah. Rak tersebut dapat digunakan untuk menyimpan alat tulis, buku, pernak-pernik pajangan, maupun beberapa alat elektronik seperti televisi, speaker, dan pemutar DVD. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengambil ruang khusus untuk menyimpan rak.

5. Sofa multifungsi.

Tips ruangan sempit © 2019

Salah satu furnitur lain yang menjadi komponen penting dalam proses tata ruang ialah sofa. Selain sebagai tempat untuk menjamu tamu, menambah nilai estetika, sofa juga menjadi tempat beristirahat yang dapat menunjang banyak sekali aktivitas.

Recommended By Editor

Comments