Tips Menyimpan Kue agar Tahan Lebih Lama

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Menyimpan Kue agar Tahan Lebih Lama

Tips Menyimpan Kue agar Tahan Lebih Lama

KEPONEWS.COM - Tips Menyimpan Kue agar Tahan Lebih Lama Kue ternyata tak boleh bolak-balik keluar masuk lemari es. Salah satu cara tepat untuk menyimpan cake atau kue seperti cheesecake, blackforest dan kue-kue lainnya agar tahan lama ialah dengan menyimpa...

Kue ternyata tak boleh bolak-balik keluar masuk lemari es.

Salah satu cara tepat untuk menyimpan cake atau kue seperti cheesecake, blackforest dan kue-kue lainnya agar tahan lama ialah dengan menyimpamnya di dalam lemari es. Meski begitu, hal tersebut juga memiliki batas waktu tertentu, yang berkisar tiga hingga empat hari, atau paling lama satu mingggu.

Tak hanya itu, cara tersebut ternyata juga tidak cukup untuk menjaga kualitas, tekstur, dan juga cita rasa kue. Cara paling tepat ialah dengan tetap menyimpannya di dalam lemari es, bahkan saat ingin memotong dan mengambil bagian yang ingin dimakan.

Sayangnya, kebanyakan orang melakukan banyak kesalahan dengan mengeluarkan kue dari lemari es tiap kali ingin dipotong, dan memasukannya lagi untuk disimpan.

"Kalau (menyimpan kue) di rumah di suhu lemari es (tahan) tiga sampai empat hari. Tapi, tipsnya jangan satu cake dikeluarkan semua, jadi cake-nya ditaruh semua di luar. Ambil yang dibutuhkan saja," kata Ibnu, Head Chef Almond Tree Cake and Pastry Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 11 Januari 2017.

Dia menjelaskan, bahwa proses perpindahan suhu antara suhu lemari es dan secara mendadak berubah menjadi suhu ruangan akan menimbulkan kondensasi, atau dalam bahasa awam yakni timbulnya air pada permukaan dan tekstur dari kue tersebut.

"Karena akan terjadi kondensasi atau timbulnya air, kalau keluar masuk, keluar masuk jadi nanti rasanya berubah, karena kan sudah tercampur dengan air tadi. Jadi yang benar potong yang dibutuhkan," kata Ibnu.

Dia juga ungkapkan hal lain yang bisa mengubah cita rasa kue, salah satunya ialah menyimpannya bersama makanan lain yang baunya menyengat.

"Bau ya, jangan taruh dengan barang bau seperti daging atau durian. Itu bisa merusak karena cake agak sensitif masalah bau," lanjut Ibnu.

Tips Menyimpan Kue agar Tahan Lebih Lama

Comments