Tips Menyimpan Ikan di Kulkas, Begini Caranya agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas, Begini Caranya agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Tips Menyimpan Ikan di Kulkas, Begini Caranya agar Tetap Segar dan Tahan Lama

KEPONEWS.COM - Tips Menyimpan Ikan di Kulkas, Begini Caranya agar Tetap Segar dan Tahan Lama Kulkas kerap jadi andalan untuk menyimpan stok bahan makanan, termasuk ikan segar. Nah, biar tidak mudah rusak dan lebih tahan lama, bagaimana tips menyimpan ikan di kulkas yang benar? Dirangkum dar...

Kulkas kerap jadi andalan untuk menyimpan stok bahan makanan, termasuk ikan segar. Nah, biar tidak mudah rusak dan lebih tahan lama, bagaimana tips menyimpan ikan di kulkas yang benar?

Dirangkum dari banyak sekali sumber, berikut tips menyimpan ikan di kulkas dengan tepat. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Taruh ikan di atas es

Penting untuk membuat ikan tetap dingin dengan selama proses persiapannya. Sangat penting untuk membekukan ikan yang disimpan di dalam kulkas. Pastikan ikan tidak berair karena dapat merusak rasa ikan.

Resep Telur Dadar Crispy yang Simple untuk Menu Buka Puasa dan Sahur, Tampilannya Mewah Menggugah Selera

Ilustrasi ikan segar. (Shutterstock)Ilustrasi ikan segar. (Shutterstock)

Dinginkan ikan

Bicara soal cara menyimpan ikan segar di kulkas, sebelum mendinginkan ikan, cuci dengan air dingin, lalu keringkan dengan kain bersih atau handuk kertas. Setelahnya, bungkus ikan bersih dalam kertas lilin, bungkus plastik atau aluminium foil, dan simpan di freezer.

Jikalau hanya dingin biasa, dan tidak sampai beku, ikan segar umumnya bisa disimpan hingga dua hari. Ikan besar atau potongan besar bisa lebih disimpan lebih lama dari potongan kecil. Ikan tanpa lemak, seperti panfish dan walleye, juga punya daya tahan lebih baik daripada ikan berlemak, seperti trout.

Bekukan ikan

Pembekuan ialah cara umum lainnya untuk menyimpan ikan. Ikan beku dapat bertahan selama tiga hingga 12 bulan. Namun, persiapannya harus benar-benar diperhatikan. Berikut beberapa metode untuk pembekuan ikan:

Bersihkan ikan, lalu masukkan ke dalam kantong ziplock yang aman untuk freezer. Sebelum menutup resleting, pastikan untuk mengeluarkan semua udara.Pertimbangkan untuk membungkus ikan dengan aluminium foil, lalu membungkusnya lagi dengan kertas freezer sebelum dibekukan.Bila Kamu sering menyimpan ikan, pertimbangkan untuk membeli segel kemasan kedap udara. Ini bekerja paling baik karena menghilangkan semua udara saat disegel sehingga mencegah ikan kehilangan rasanya.Cara lainnya ialah membekukan ikan dalam balok es padat. Gunakan wadah kulkas. Tempatkan ikan bersih ke dalam wadah, tetapi gunakan air secukupnya dan hanya untuk menutupi ikan.Ilustrasi ikan kakap merah segar (Dok. Elements)Ilustrasi ikan kakap merah segar (Dok. Elements)

Setelah Kamu mengetahui tips menyimpan ikan di kulkas, ketahui juga beberapa langkah mencairkan ikan beku.

5 Tips Membedakan Telur Busuk atau Tidak, Ternyata Cukup Gunakan Air dan Lilin

Masukkan ikan ke dalam kulkas semalaman atau masukkan ikan yang sudah dibungkus ke dalam air dingin.Jangan mencairkan ikan dalam microwave karena sebagian ikan akan mulai matang sebelum bagian lainnya dicairkan.Jangan mencairkan ikan pada suhu kamar.

Itulah tadi beberapa tips menyimpan ikan di kulkas agar tetap segar. Selamat mencoba!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Comments