Tips Menjaga Keamanan Akun Twitter dari Serangan Hacker

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Menjaga Keamanan Akun Twitter dari Serangan Hacker

Tips Menjaga Keamanan Akun Twitter dari Serangan Hacker

KEPONEWS.COM - Tips Menjaga Keamanan Akun Twitter dari Serangan Hacker HACKER selalu mencari cara untuk meretas akun orang-orang demi keuntungan pribadinya. Oleh karena itu kita perlu meningkatkan keamanan akun Twitter. Bahkan Twitter memperketat keamanan dengan menjadik...

HACKER selalu mencari cara untuk meretas akun orang-orang demi keuntungan pribadinya. Oleh karena itu kita perlu meningkatkan keamanan akun Twitter.

Bahkan Twitter memperketat keamanan dengan menjadikan kunci keamanan sebagai satu-satunya metode Two-factor authentication (2FA).

Sistem keamanan 2FA membutuhkan dua jenis autentikasi yang dilakukan penggunanya, untuk memperkuat keamanan akun online mereka. Melalui akun @TwitterSafety, Twitter memberikan tips bagaimana agar pengguna menjaga akun mereka supaya lebih aman. Simak caranya!

akun diretas hacker

1. Gunakan kata sandi unik

Minimum memakai 10 karakter kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Gunakan kata sandi berbeda untuk tiap situs web yang dikunjungi. Pertimbangkan penggunaan perangkat lunak untuk mengelola kata sandi yang dapat menyimpan semua berita masuk secara aman. Selain itu, pengguna dapat memilih Perlindungan pengaturan ulang kata sandi di pengaturan Akun Twitter.

2. Autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor (2FA) memastikan hanya orang yang mempunyai akses ke kata sandi dan nomor ponsel (atau kunci keamanan) yang dapat masuk ke akun Twitter. Mulai akhir Juni 2021, pengguna mempunyai opsi memakai kunci keamanan sebagai satu-satunya bentuk autentikasi dua faktor (2FA), yang merupakan cara paling efektif untuk menjaga keamanan akun Twitter.

3. Masuk lewat situs Twitter resmi

Phishing selalu mengintai. Tampilan web phising mirip dengan halaman masuk Twitter sangat rentan mengecoh pengguna. Selalu periksa tautan yang dibuka, baik dari email maupun Direct Message sebelum memberikan data pribadi. Termasuk kata sandi. Ubah kata sandi sesegera mungkin bila terkena phishing.

4. Waspada pihak mengatasnamakan Twitter

Selalu waspada jikalau ada pihak yang mengaku perwakilan Twitter. Twitter tidak pernah meminta pengguna memberi kata sandi melalui email, Direct Message, atau balasan. Jangan membuka lampiran atau tautan kalau mendapatkan pesan untuk menginstal perangkat lunak apa pun.

5. Waspada bila ada peringatan masuk yang mencurigakan

Twitter akan mengirimkan notifikasi melalui email atau notifikasi push kalau mendeteksi aktivitas mencurigakan atau saat masuk ke akun Twitter dari perangkat baru untuk pertama kalinya.

Notifikasi ini biasanya mencantumkan lokasi yang merupakan perkiraan alamat IP yang digunakan untuk mengakses Twitter. Melalui notifikasi ini, pengguna dapat memverifikasi siapa yang benar-benar masuk melalui perangkat tersebut.

6. Periksa tautan di Twitter

Orang-orang di Twitter banyak membagikan berita menarik, dan banyak yang membagikan tautan ke situs lain, baik melalui Tweet maupun Direct Message. Kalau melihat tautan memakai pemendek URL, seperti bit.ly atau TinyURL, memeriksa arah tautan tersebut sebelum membuka-nya. Gunakan plug-in gratis dari Chrome dan Firefox untuk menunjukkan URL yang diperpanjang tanpa harus mengklik terlebih dahulu.

(DRM)

Comments