Tips Mengolah dan Menyimpan Puding untuk Camilan Buka Puasa

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Mengolah dan Menyimpan Puding untuk Camilan Buka Puasa

Tips Mengolah dan Menyimpan Puding untuk Camilan Buka Puasa

KEPONEWS.COM - Tips Mengolah dan Menyimpan Puding untuk Camilan Buka Puasa PUDING merupakan salah satu hidangan penutup yang selalu menjadi primadona karena bentuk dan warnanya sangat menarik. Dengan cita rasa manisnya yang khas, puding juga menjadi salah satu hidangan yang...

PUDING merupakan salah satu hidangan penutup yang selalu menjadi primadona karena bentuk dan warnanya sangat menarik. Dengan cita rasa manisnya yang khas, puding juga menjadi salah satu hidangan yang pas untuk disajikan ketika berbuka puasa.

Daripada membelinya di luar, Anda juga bisa loh membuat seporsi puding yang lezat dan menggoda. Bila takut gagal, yuk simak tips mengolah dan menyimpan puding, sebagaimana dikutip dari buku 100 Resep Puding Cokelat, karya Dapur Alma, Senin (5/6/2017).

1. Basahi cetakan atau loyang dengan air terlebih dahulu supaya puding dapat dengan mudah dikeluarkan.

2. Untuk menghasilkan puding yang mengeras dengan baik dan tepat, satu bungkus agar-agar (7-10 gram) membutuhkan cairan sebanyak 750 ml dan jikalau cairan yang digunakan mengandung asam, takaran cairan yang digunakan merupakan 500 ml.

3. Bila puding menggunakan bahan pengental seperti tepung maizena dan custard powder, sebaiknya tepung dilarutkan terlebih dahulu dengan sedikit susu atau air, agar tepung tidak menggumpal.

4. Apabila Anda hendak membuat puding buah berlapis, caranya atur buah-buahan di dasar cetakan yang telah dibasahi air, lalu tuang larutan puding sedikit demi sedikit agar buah-buahan tidak terangkat ke atas. Kemudian tuangkan lapisan berikutnya setelah permukaan lapisan pertama mulai mengeras.

5. Bila puding yang kita buat menggunakan cairan susu, krim, atau santan, sebaiknya setelah dingin langsung dimasukkan ke dalam lemari pendingin karena bahan yang mengandung lemak tinggi. Pasalnya, mikroorganisme yang terkandung didalamnya sangat mudah aktif membuat puding hanya mampu bertahan selama 2-3 hari di dalam lemari pendingin.

Tips Mengolah dan Menyimpan Puding untuk Camilan Buka Puasa

Comments