Tips Menghadapi Para Bully di Game Online

Games

Updates / Games

Tips Menghadapi Para Bully di Game Online

Tips Menghadapi Para Bully di Game Online

KEPONEWS.COM - Tips Menghadapi Para Bully di Game Online Ilustrasi pasangan gamers. (Unsplash/Afif Kusuma) Game multipemain lebih dari sekadar hiburan; mereka merupakan platform komunikasi tempat Kamu dapat bertemu gamer lainnya bahkan hingga troll atau pen...

Ilustrasi pasangan gamers. (Unsplash/Afif Kusuma)

Game multipemain lebih dari sekadar hiburan; mereka merupakan platform komunikasi tempat Kamu dapat bertemu gamer lainnya bahkan hingga troll atau pengganggu. Siapapun bisa mengalami penindasan (bully) dalam game, itulah sebabnya baik gamer maupun orang tua mempunyai kekhawatiran perihal masalah ini.

Itu bisa terjadi pada siapa saja. Misalnya, seorang pemain baru mungkin dihujani dengan hinaan dan ancaman karena mereka masih menyesuaikan diri dengan permainan atau hanya karena orang-orang lain senang mengolok-olok. Konsekuensi dari penggangguan juga beragam, dari membuat semangat menurun hingga depresi. Jikalau rekan satu tim atau lawan mulai menunjukkan perilaku tidak baik, inilah yang dapat Kamu lakukan.

Mencoba Tetap Tenang

Walaupun terdengar klise, coba ingat bahwa apa pun yang ditulis oleh para pengganggu kepada Kamu hanyalah kata-kata di layar. Ingatlah bahwa siapa pun yang memulai perkelahian, siapa pun yang berpartisipasi dapat mendapatkan teguran karena mengeluarkan kata-kata tidak baik. Jangan panik kalau Kamu diancam akan dilaporkan karena menyebabkan kekalahan. Selama tidak melanggar aturan permainan apa pun, tidak akan ada yang dapat mencekal Kamu Diskusikan setiap konflik dalam permainan dengan orang yang Kamu percaya, seperti sahabat atau keluarga. Itu akan memberi kesempatan untuk melepas beban dalam diri, serta memberikan perspektif berbeda, dan perasaan nyaman. Dukungan emosional sangat penting bagi siapa pun yang merasa terguncang.

Jangan Malu Untuk Memberikan Aduan

Kamu dapat melaporkan setiap pemain yang meresahkan. Hampir semua game online menyediakan mekanisme untuk mengungkapkan perihal pengguna yang berperilaku tidak pantas terhadap orang lain. Misalnya, moderator Steam mendesak pengguna untuk melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota komunitas. Mereka juga menjatuhkan larangan keras untuk penghinaan dan serangan. Meskipun pengganggu tidak langsung ditindak, baik di Steam atau game tertentu, pengaduan Kamu dapat memberikan notifikasi. Kemudian, jikalau orang lain mengeluh hal yang sama perihal mereka, pelaku intimidasi akan mendapat perhatian khusus. Misalnya, Xbox mempunyai sistem reputasi untuk para gamer.
Bila seseorang terus-menerus mendapatkan keluhan, mereka mungkin tidak akan diblokir, tetapi lingkaran permainannya akan dibatasi - mereka harus bermain dengan para pengganggu lainnya.

Blokir Pemain Game Proaktif Atau Filter Pesan Obrolan Mereka

Ilustrasi gamer PC. (Pixabay/ 11333328)Ilustrasi gamer PC. (Pixabay/ 11333328)

Sebagian besar platform game menampilkan alat di luar pelaporan untuk memerangi penyalahgunaan. Kamu dapat mengatur filter obrolan otomatis untuk menghindari hal yang paling tidak menyenangkan. Jikalau mendapati pelecehan pada saluran suara, Kamu dapat nonaktifkan rekan pemain yang proaktif tersebut. Kalau mendapati pelecehan selama dan di luar game, tambahkan para pemain tersebut ke daftar blokir Kamu agar mereka tidak menghubungi lebih lanjut.

Hentikan Laga Dengan Para Pengganggu

Kalau rekan satu tim membombardir dengan penghinaan atau ancaman, dan Kamu merasa kesulitan, melindungi diri sendiri ialah hal utama. Tentu saja, kemudian akan berpengaruh pada keberlangsungan permainan, tetapi kesehatan mental dan suasana hati Kamu lebih berharga.

Menjaga Berita Pribadi Tetap Rahasia

Bila semua rekan pemain mengetahui Kamu dengan nama alias, mereka tidak dapat membahayakan di kehidupan nyata. Namun, seseorang di sisi lain layar mungkin tampak baik; dan mereka menunjukkan minat yang bersahabat kepada Kamu dengan menanyakan nama asli, foto, atau tautan ke halaman sosmed, tetapi berita itu juga dapat membantu mereka menemukan dan melakukan perbuatan tidak menyenangkan di platform lain atau bahkan offline.

Sebelum berpikir untuk memberikan berita pribadi kepada siapa pun, pastikan Kamu memercayai mereka. Jikalau orang asing ingin mengetahui alamat atau meminta gambar di menit pertama laga, beri tahu moderator; mereka akan mengambilnya dari sana. Kamu juga tidak perlu membagikan nomor telepon, alamat email, atau akun sosmed dengan rekan satu tim. Kamu dapat memakai obrolan internal untuk berkomunikasi selama permainan. Jangan terlalu banyak membuatkan profil dalam permainan. Ingatlah bahwa pengganggu dapat mempelajarinya untuk mengetahui lebih banyak perihal Kamu. Simpan nama asli, jenis kelamin, negara tempat tinggal, dan usia Kamu untuk diri sendiri.

Faktanya, berita pribadi apa pun yang diposting di mana saja dapat digunakan untuk merugikan Kamu. Sebaiknya gunakan alat pemeriksaan privasi perusahaan keamanan siber global untuk menjelajahi setelan privasi dasar layanan populer. Terakhir, bila khawatir akan identitas Kamu diketahui dari alamat IP dan meresahkan di luar game, mainkan permainan melalui koneksi yang aman. Memakai VPN akan menyembunyikan IP asli Kamu, sehingga para pengganggu tidak akan tahu di mana Kamu tinggal.

Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Bertemu Para Bully

Kalau Kamu mengalami penghinaan dan ancaman dalam game, jangan berdebat dengan para pemain meresahkan tersebut. Sebagai gantinya:

Siapkan filter pesan obrolan, nonaktifkan dan blokir rekan satu tim yang mengganggu, sehingga
mereka tidak dapat mengirimi pesan, dan Kamu dapat fokus pada permainan;Hentikan laga jikalau kesabaran Kamu tidak dapat dibendungMengirimkan pengaduan dilengkapi dengan bukti;Gunakan VPN dan jangan membagikan berita pribadi apa pun dengan pemain lain, meskipun
mereka tampak bersahabat, ditambah apabila mereka berperilaku proaktif.

Itulah tadi menanggapi para bully di game online, jangan panik dulu ya.

Comments