Tips Mengendarai Motor Trail bagi Pemula ala Bupati Lahat

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Mengendarai Motor Trail bagi Pemula ala Bupati Lahat

Tips Mengendarai Motor Trail bagi Pemula ala Bupati Lahat

KEPONEWS.COM - Tips Mengendarai Motor Trail bagi Pemula ala Bupati Lahat JAKARTA - Bupati Lahat, Sumatera Selatan, Saifudin Aswari Rivai, memiliki hobi bermain motor semenjak duduk di bangku sekolah menegah pertama (SMP). Tidak tanggung-tangung, motor pertama yang dimiliki...

JAKARTA - Bupati Lahat, Sumatera Selatan, Saifudin Aswari Rivai, memiliki hobi bermain motor semenjak duduk di bangku sekolah menegah pertama (SMP). Tidak tanggung-tangung, motor pertama yang dimilikinya jenis trail.

Mengendarai sepeda motor trail berbeda dengan motor biasa, karena itu butuh keahlihan khusus. Aswari, sapaan akrabnya, pun membuatkan tips singkat mengendarai motor trail bagi pemula.

Menurut dia, pemula bisa memulai dengan menggunakan motor trail dengan kapasitas mesin kecil. "Motor itu harus disesuaikan dengan kemampuan. Kadang-kadang kita terlalu sombong beli motor baru terlalu besar cc-nya. Meski yang besar belum tentu bisa dikendalikan lebih baik daripada motor kecil ," kata Aswari, ketika berkunjung ke redaksi Okezone, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Dijelaskannya sepeda motor dengan kapasitas mesin kecil bukan berarti tidak bisa melewati rintangan.

"Tapi kadang-kadang gengsi, motor bermesin kecil dianggap tidak ada tenaga, padahal adventure bukan soal tenaga. Persoalannya bisa tidak melewati rintangan itu. Nah untuk bisa melewati rintangan motor harus disesuaikan dengan kemampuan kita. Cc-nya terlalu besar juga bahaya," terang dia.

Aswari menyarankan kepada para pemula untuk memilih motor bermesin 150 cc. Selanjutnya, untuk bisa mengendalikan motor dengan baik, sering-seringlah menggunakannya agar bisa menyesuaikan diri.

Selain itu, dengan sering menggunakannya karakter motor akan bisa dikenali. Hal ini penting karena mengendarai motor trail membutuhkan handling yang baik.

Aswari juga menyarankan agar para pemula bersabar untuk bisa mengendarai motor trail dengan baik di jalur offroad.

"Hobi dulu dikembangkan, jangan langsung ke sirkuit. Hobi itu disenangi dulu, misalkan Anda suka main sepakbola ya tendang-tendang kecil dulu gitu," pungkas dia. (san)

Tips Mengendarai Motor Trail bagi Pemula ala Bupati Lahat

Comments