Tips Mengambil Manfaat Likopen Dalam Tomat

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tips Mengambil Manfaat Likopen Dalam Tomat

Tips Mengambil Manfaat Likopen Dalam Tomat

KEPONEWS.COM - Tips Mengambil Manfaat Likopen Dalam Tomat Tomat salah satu buah yang tak asing dalam keseharian kita. BUkan hanya terkenal sebagai bahan masakan, tomat juga dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat sehat b...

Tomat salah satu buah yang tak asing dalam keseharian kita. BUkan hanya terkenal sebagai bahan masakan, tomat juga dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat sehat buah tomat terkait dengan ragam nutrisi yang dikandungnya. Selain vitamin A dan C, tomat juga memiliki likopen sebagai antioksidan. Tak main-main, likopen dalam tomat dikatakan paling tinggi dibanding jenis buah dan sayuran lain.

Hal itu juga diungkapkan Pakar gizi klinis dr. Ida Gunawan, MS, SpGK. Ahli gizi yang juga fokus pada penelitian tomat ini menyebut bahwa kadar likopen dalam tomat bisa mencapai 3 kali lipat dari sayuran dan buah lain.

"Tomat memiliki kandungan Likopen paling tinggi di antara banyak sekali macam buah dan sayur. Likopen merupakan zat warna alami pada makanan. Likopen memiliki sifat hidrofobik yaitu mudah larut dalam lemak, namun sulit terurai dalam air," ujarnya dalam AYO HIDUP SEHAT tvOne Jumat 20 April 2018.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa Likopen memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh salah satunya mencegah kanker.

"Likopen bisa mencegah radikal bebas, dan baik untuk tekanan darah, hingga jantung," ujarnya.

Memotong buah tomat - memasak

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan kaya likopen dapat mencegah banyak sekali jenis kanker dan beberapa penyakit lainnya seperti penyakit jantung, ketidak suburan, penyakit diabetes.

Selain itu likopen juga dapat Mencegah penyakit yang terkait dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak, mencegah gajala penuaan pada kulit dan menjaganya sehingga terlihat lebih muda.

Namun untuk mendapatkan likopen dari tomat, butuh perlakuan khusus.

"Tomat perlu memalui proses pemanasan atau masak untuk dapatkan likopen secara maksimal. Dengan cara ini, barulah likopen bisa keluar dari tomat," ujarnya.

Selain itu uniknya, penyerapan likopen dalam usus membutihkan bantuan lemak. Untuk itu, ada baiknya menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam tomat.

"Lebih baik lagi bila minyaknya yang kaya akan asam lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, atau kanola."

Berikut ini, resep dr Ida untuk dapatkan manfaat likopen dari tomat.

1. Kukus 3 buah tomat (kira-kira 300 gr tomat perhari yang dianjurkan).

2. Blender tomat dan ambil sarinya saja.

3. Tambahkan madu dan virgin olive oil, atau canola oil secukupnya.

Comments