Tips mendapatkan jodoh idaman menurut ajaran Islam

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips mendapatkan jodoh idaman menurut ajaran Islam

Tips mendapatkan jodoh idaman menurut ajaran Islam

KEPONEWS.COM - Tips mendapatkan jodoh idaman menurut ajaran Islam Jodoh memang merupakan salah satu rahasia Allah yang sering dipertanyakan oleh manusia. Seseorang tidak akan tahu siapa dan di mana keberadaan jodohnya sendiri sebelum Allah menakdirkan untuk bertemu...

Jodoh memang merupakan salah satu rahasia Allah yang sering dipertanyakan oleh manusia. Seseorang tidak akan tahu siapa dan di mana keberadaan jodohnya sendiri sebelum Allah menakdirkan untuk bertemu dengan jodoh atau pasangan hidupnya.

Masalah wacana jodoh kadang menjadi salah satu hal yang dikeluhkan banyak orang. Padahal datangnya jodoh merupakan takdir yang telah Allah tetapkan. Allah menciptakan makhluk berpasang-pasangan, semua manusia pasti mempunyai jodoh tergantung ikhtiar dari manusia itu sendiri serta takdir Allah yang sudah menentukannya.

Dirangkum dari banyak sekali sumber pada Kamis (16/7) penciptaan manusia secara berpasang-pasangan terdapat dalam Alquran surat Az Dzariyat ayat 49, Allah berfirman:

Tips jodoh idaman Islam © 2020

Wa ming kulli syai'in khalaqnaa zaujaini la'allakum tazakkarun

Artinya:

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah."

Dalam Islam, jodoh ialah cerminan diri. Pasti sudah tak asing lagi di indera pendengaran dengan pepatah "orang baik akan mendapatkan jodoh yang baik, dan orang yang buruk akan mendapatkan jodoh yang buruk pula". Hal tersebut merupakan ujian dari Allah untuk menuntun manusia ke jalan kebaikan agar mendapatkan jodoh yang baik pula. Seperti firman Allah dalam Alquran surat An Nur ayat 26 yang berbunyi sebagai berikut:

Tips jodoh idaman Islam © 2020

Al-khabiisaatu lil-khabiisiina wal khabiisuna lil khabiisaat, wat-tayyibaatu lit-tayyibiina wat-tayyibuna lit-tayyibaat, ulaa'ika mubarra'una mimmaa yaqulun, lahum magfiratuw wa rizqung kariim

Artinya:

"Wanita-wanita yang keji merupakan untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji ialah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik ialah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik ialah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."

Dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa Allah memang memberikan jodoh berdasarkan akhlak dari hamba-Nya tersebut. Karena dengan firman itulah diharapkan agar manusia dapat senantiasa memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Nya agar kelak mendapat jodoh yang baik pula.

Tips mencari jodoh

Tips jodoh idaman Islam © 2020

foto: freepik

Jodoh bisa saja jauh bisa saja dekat, semua akan menjadi teka-teki yang hingga sampai saat ini masih membuat manusia penasaran. Jikalau saat ini seorang muslim belum bertemu jodoh, tak perlu merasa putus asa. Teruslah berusaha dan libatkan Allah dalam setiap usaha. Sebagai seorang muslim, tentunya ingin mendapatkan seorang jodoh yang terbaik dan bisa memberikan kebahagiaan.

Namun, memilih jodoh bukanlah perkara yang gampang, selain harus mempertimbangkan bibit, bebet dan bobotnya yang sesuai dengan diri sendiri, seorang muslim juga perlu usaha untuk mendapatkan jodoh sesuai syariat Islam seperti berdoa dan berikhtiar kepada Allah agar mendapatkan jodoh terbaik. Berikut beberapa tips mencari jodoh dalam ajaran islam.

1. Yakin kepada Allah

Sebelum mancari jodoh, seorang muslim harus yakin terlebih dahulu bahwa Allah telah menciptakan dan menyiapkan pasangan terbaik bagi diri sendiri. Dalam Alquran surat Asy-Syura ayat 11, Allah berfirman:

Tips jodoh idaman Islam © 2020

Faatirus-samaawaati wal-ard, ja'ala lakum min anfusikum azwaajaw wa minal-an'aami azwaajaa, yazra'ukum fh, laisa kamilihii syaii', wa huwas-samii'ul-basiir

Artinya:

"(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat."

Ketika seorang muslim sudah yakin kepada Allah, maka dirinya tidak akan putus asa dalam mencari apabila hingga saat ini Allah belum mempertemukannya dengan sang jodoh.

2. Selalu berdoa kepada Allah

Ketika seorang muslim sudah yakin Allah akan memberikan jodoh, maka selanjutnya merupakan terus berdoa agar Allah lekas mempertemukan dengan jodoh terbaik. Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw bersabda perihal doa, yang berbunyi:

"Sesungguhnya Allah malu terhadap seseorang yang menadahkan tangannya berdoa meminta kebaikan kepada-Nya, kemudian menolaknya dalam keadaan hampa." (HR. Abu Dawud, Tarmidzi, dan Ibnu Majah)

3. Memperbaiki diri

Setelah berdoa, hendaknya seorang muslim memperbaiki diri supaya pantas untuk bersanding dengan jodoh terbaik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dalam surat An Nur ayat 26 memaparkan bahwa "orang baik akan mendapatkan jodoh yang baik, dan orang yang buruk akan mendapatkan jodoh yang buruk pula". Dari sini, diketahui bahwa kalau menginginkan jodoh yang baik akhlaqnya, maka sebagai seorang muslim baik hendaknya memperbaiki akhlak supaya sepadan dengan jodoh yang sudah disiapkan oleh Allah.

4. Bergaul dengan orang-orang sholeh

Dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda:

"Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu; engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jikalau engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak enak." (HR. Bukhari, no. 2101)

Setiap muslim dianjurkan untuk bergaul dengan orang-orang sholeh. Dari sini lah seorang muslim dapat berpotensi besar mendapatkan jodoh yang merupakan golongan orang sholeh.

5. Rajin sholat wajib dan sholat sunnah

Seorang muslim yang sedang mencari jodoh, harus lebih rajin mengerjakan sholat wajib serta sholat sunnah seperti sholat istikhara dan tahajud yang juga merupakan rangkaian usaha yang bisa dilakukan dalam menjemput jodoh. Dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 45, Allah berfirman:

Tips jodoh idaman Islam © 2020

Wasta'iinu bis-sabri was-salaah, wa innahaa lakabiiratun illaa 'alal-khaasyi'iin

Artinya:

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'."

6. Meminta bantuan orang tua

Selanjutnya dapat meminta bantuan orang tua untuk mencarikan jodoh. Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya terutama mengenai pasangan. Karena itulah sangat tepat untuk meminta bantuan kepada mereka agar kamu bisa segera menemukan jodoh terbaik baik di dunia maupun di akhirat.

7. Perbanyak dzikir dan istighfar

Salah satu keutamaan dari berdzikir ialah membukakan pintu-pintu rezeki. Mungkin saja dengan berdzikir, salah satu pintu rezeki yang dibukakan oleh Allah merupakan kemudahan untuk bertemu dengan jodoh. Sama halnya dengan berdzikir, salah satu keutamaan beristigfar merupakan Allah akan memberikan kelapangan dalam setiap kesulitan dan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Setiap kesulitan, bahkan termasuk kalau seorang muslim merasa kesulitan dalam menemukan jodoh. Dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda:

"Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir)

8. Rajin bersedekah

Dengan sedekah maka diharapkan bahwa segala urusan akan dilancarkan oleh Allah, termasuk dalam urusan jodoh. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah, bersabda:

"Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya." (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba in An Nawawi hadits ke 36).

Recommended By Editor

Comments