Tips memilih lipstik benar agar tidak membuat bibir hitam

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips memilih lipstik benar agar tidak membuat bibir hitam

Tips memilih lipstik benar agar tidak membuat bibir hitam

KEPONEWS.COM - Tips memilih lipstik benar agar tidak membuat bibir hitam Hampir semua wanita suka memakai lipstik. Bahkan lipstik dijadikan salah satu item make up yang menjadi favorit. Tak heran bila banyak wanita yang mempunyai banyak koleksi lipstik dengan banyak sekali...
Loading...

Hampir semua wanita suka memakai lipstik. Bahkan lipstik dijadikan salah satu item make up yang menjadi favorit. Tak heran bila banyak wanita yang mempunyai banyak koleksi lipstik dengan banyak sekali warna.

Tapi tahukah kalau penggunaan lipstik yang terlalu sering bisa membuat bibir kita menghitam? Pasalnya tidak semua produk pewarna bibir mengandung bahan yang aman untuk bibir. Padahal bibir merupakan salah satu anggota tubuh dengan kulit paling tipis.

"Biasanya yang bikin bibir hitam itu lipstik yang mengandung bahan kimia, karena ada beberapa lipstik yang mempunyai kandungan bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan bibir gatal, iritasi, sampai bibir menjadi gosong," ujar dokter estetika medik MP Skin Care, dr. Maharani Prima, saat ditemui media dalam peluncuran Mahana Lip Cream di Jakarta.

Maharani mengatakan cara untuk menghindari bibir hitam ialah dengan memilih lipstik yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin. Selain itu, ada juga perawatan khusus untuk jenis lipstik tertentu. Misalnya lipstik matte yang punya formula tahan lama dan sangat pekat.

"Matte lipstick itu kan sifatnya kering di bibir, jadi agar bibir tetap fresh harus dibersihkan dengan lip remover. Selain itu, rawat bibir dengan pakai lip balm sebelum tidur atau sebelum memakai lipstik," tegasnya.

Dokter Maharani pun menyarankan sebelum membeli lipstik perlu diperhatikan beberapa hal, misalnya mencium aroma lipstik, bila ada aroma sabun atau zat kimia itu pasti akan kecium meskipun ditutupi parfum. Namun kalau sudah terlanjur digunakan dan mengalami reaksi sensasi panas, sebaiknya bibir langsung dicuci.

"Kalau terasa panas di bibir, lipstik harus dicuci dulu agar produknya hilang dari kulit. Dikasih es biar rasanya nyaman. Kalau terjadi bengkak atau gatal-gatal itu namanya reaksi alergi. Itu harus ke dokter," terangnya.

Jangan lupa perhatikan umur produk. Tanggal kadaluwarsa kosmetik biasanya berlaku enam sampai dua belas bulan usai produk dibuka. Memakai produk kosmetik yang telah kadaluwarsa bisa memicu reaksi alergi bibir.

Ia menambahkan, untuk merawat bibir agar tetap lembab dan sehat, disarankan untuk menggunkana skincare dan lipstik yang memang sudah mempunyai kandungan vitamin di dalamnya.

"Salah satu kandungan yang ada di dalam Mahana Lip Cream ialah vitamin E. Selain untuk mempercantik bibir, tapi juga untuk merawat dan menyegarkan bibir agak tidak kering dan menghitam," tutupnya.

Recommended By Editor Tips memilih lipstik benar agar tidak membuat bibir hitam

Comments