Tips Memasak Fillet Ikan Tilapia agar Tidak Mudah Hancur

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Memasak Fillet Ikan Tilapia agar Tidak Mudah Hancur

Tips Memasak Fillet Ikan Tilapia agar Tidak Mudah Hancur

KEPONEWS.COM - Tips Memasak Fillet Ikan Tilapia agar Tidak Mudah Hancur Di tengah padatnya kesibukan sehari-hari, kehadiran produk daging ikan fillet yang langsung bisa diolah tanpa perlu repot memang sangat membantu. Tapi, bagaimana tips memasak ikan fillet tanpa menghan...

Di tengah padatnya kesibukan sehari-hari, kehadiran produk daging ikan fillet yang langsung bisa diolah tanpa perlu repot memang sangat membantu. Tapi, bagaimana tips memasak ikan fillet tanpa menghancurkan bentuknya?

Memang biasanya yang menjadi dilema saat mengolah daging ikan fillet ini ialah soal tekstur. Salah cara memasak, bukan daging ikan kenyal dan lembut yang didapat. Malah daging ikan yang tekstur dan bentuknya hancur berantakan. Tenang, ada tips memasak ikan fillet yang mudah kok.

Seperti dijelaskan oleh Chef Norman Ismail, dalam mengolah daging ikan fillet ini memang membutuhkan sedikit trik agar daging ikan tidak hancur. Jadi ikan tetap utuh saat hendak dikonsumsi.

Secara tesktur kalau daging ikan utuh kan cenderung enggak gampang hancur. Tapi kalau daging ikan fillet ini, intinya sih pas kita masak itu jangan terlalu sering dibolak-balik. Biasakan tunggu sampai satu sisi matan tepat, baru dibalik sisi satunya lagi, papar Norman saat ditemui Okezone, dalam acara Launching Fillet dan Kepala Tilapia Regal Spring Indonesia di Plataran, Jakarta Selatan.

masak ikan

Dalam kesempatan yang sama, Chef Norman menambahkan ada trik lainnya untuk menghindari daging ikan fillet, termasuk ikan fillet Tilapia (nila) tekstur dagingnya hancur. Adalah dengan menghindari jenis olahan masakan tertentu. Contohnya hidangan sambal goreng ikan.

Bisa dimasak apa saja sih sebenarnya, yang berkuah-kuah atau tumisan gitu. Contohnya kayak yang tadi didemokan, Tilapia Kuah Pindang dan Tilapia Salted Egg. Sebisa mungkin hindari mengolah ikan fillet jadi masakan contohnya sambal goreng kentang, biasanya pakai hati ayam ini misalnya eksperimen diganti jadi daging ikan fillet, ini enggak mungkin sih karena daging ikannya akan hilang bakal hancur. Cari olahan yang waktu masaknya sebentar, misalnya kuah-kuahan nah pas mendidihkan air pakai api kompor maksimal saat masukkin daging ikannya pakai api kecil, jelasnya.

Bagaimana tips memasak ikan fillet dan Chef Norman? Kamu bisa langsung mencobanya di rumah.

(hel)

Comments