Tips Memaksimalkan Kamera Samsung Galaxy A54 5G, Cukup Pakai Fitur Bawaan

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Memaksimalkan Kamera Samsung Galaxy A54 5G, Cukup Pakai Fitur Bawaan

Tips Memaksimalkan Kamera Samsung Galaxy A54 5G, Cukup Pakai Fitur Bawaan

KEPONEWS.COM - Tips Memaksimalkan Kamera Samsung Galaxy A54 5G, Cukup Pakai Fitur Bawaan Samsung Galaxy A54 5G mempunyai kamera yang bisa diandalkan, tidak hanya untuk foto namun juga video dalam banyak sekali pencahayaan. Bahkan diklaim dengan fasilitas bawaan kamera Samsung Galaxy A54 5...

Samsung Galaxy A54 5G mempunyai kamera yang bisa diandalkan, tidak hanya untuk foto namun juga video dalam banyak sekali pencahayaan. Bahkan diklaim dengan fasilitas bawaan kamera Samsung Galaxy A54 5G sudah bisa diandalkan.

Disebutkan kalau kamera Samsung Galaxy A54 5G mempunyai settingan lengkap, mulai dari settingan default alias normal, sampai dengan settingan pro dan night mode untuk pemotretan pada kondisi low light.

Memotret dengan setting default/normal terbilang mudah. Tapi untuk menghasilkan foto-foto yang awesome tentu butuh trik-trik tersendiri.

Berapa Harga Samsung Galaxy A54 5G Terbaru Juni 2023, Turun Lagi?

"Dengan formasi kamera yang awesome, Samsung Galaxy A54 5G menyokong kamu untuk menghasilkan foto-foto yang luar biasa, bahkan dalam settingan normal. Hasil foto kamu juga tergantung pada kreativitas, dengan fitur-fiturnya yang awesome, Samsung Galaxy A54 5G akan membebaskan kamu untuk mengeksplorasi sisi kreativitasmu," kata Ide Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Fotografer dan Digital Creator, Dika Fidia S menyebarkan tips sederhana dalam merekam foto hanya dengan settingan normal atau default mode di Samsung Galaxy A54 5G, diantaranya:

Aktifkan Grid lines

Tips Foto Malam Takbiran dengan Samsung Galaxy A54 5G

Langkah paling awal merupakan mengaktifkan grid lines atau ada juga yang menyebutnya Camera Grid. Ini ialah alat bantu visual berupa empat garis horizontal dan vertikal, yang muncul di layar saat kamu mengaktifkan kamera. Grid lines akan mempermudah kamu untuk memosisikan obyek foto.

Buka software kameraKlik pengaturan kamera pada kiri atas layarGeser tombol Grid lines untuk mengaktifkanGrid Line - Samsung Galaxy A54 5G. (Samsung)Grid Line - Samsung Galaxy A54 5G. (Samsung)

Maksimalkan fasilitas pada Samsung Galaxy A54 5G

Software Kamera Samsung Galaxy A54 5G mempunyai beberapa fasilitas yang bisa kamu maksimalkan untuk menghasilkan foto-foto yang bagus.

Samsung Galaxy A54 5G vs Samsung Galaxy A53 5G, Kembar tapi Beda

Pada Portrait Mode misalnya, kamu bisa memanfaatkan sumber-sumber cahaya yang ada untuk memberikan efek dramatis pada objek foto. Manfaatkan Wide Mode, misalnya untuk memberikan Field of View atau perspektif yang lebih luas dan memberi kesan grandeur pada fotomu.

Samsung Galaxy A54 5G juga punya Macro Mode. Gunakan untuk memotret objek yang kecil, seperti serangga, kelopak bunga, atau kamu ingin menampilkan detail dari sebuah objek foto, seperti detail urat daun, tetesan embun, makanan, dan sebagainya.

Tak ketinggalan tentu saja kemampuan selfie camera pada ponsel ini. Samsung Galaxy A54 5G dilengkapi selfie camera 32MP yang bisa kamu optimalkan untuk merekam foto selfie yang terang, tajam, dengan efek bokeh yang dramatis.

Update Harga Samsung Galaxy A53 5G setelah Galaxy A54 Rilis

Pertahankan fokus dan cahaya

Jangan biarkan foto yang kamu jepret hasilnya tidak fokus, kurang tajam, blur, atau kurang cahaya. Makanya, saban kali hendak memotret, biasakan untuk menekan layar kamera, saat lingkaran fokus muncul, kunci lingkaran itu.

Tujuannya agar fokus dan pencahayaannya tidak berubah. Fokus dan pencahayaan yang tetap akan membantu menghasilkan foto yang tajam dan terang.

Fokus pada Cahaya - Samsung Galaxy A54 5G. (Samsung)Fokus pada Cahaya - Samsung Galaxy A54 5G. (Samsung)

Capture the Moment

Dengan grid lines sudah terpasang, mulailah mengamati banyak sekali momen yang terlihat oleh matamu. Kamu bisa mencoba salah satu teknik fotografi yang menarik, yaitu panning, untuk menangkap suatu momen dan menghasilkan foto yang artistik.

Teknik panning merupakan teknik fotografi untuk membekukan gerakan obyek foto yang bergerak. Ciri foto dengan teknik ini merupakan obyek fotonya fokus atau tajam, sedangkan background-nya blur.

Lacak objek foto, tempatkan objek foto di tengah layar kamera menurut panduan grid lines, kunci lingkaran fokus, lalu ikuti objek foto yang bergerak dan pertahankan tetap di tengah grid lines. Saat objek foto sudah berada di posisi yang diinginkan, tekan shutter dengan tenang.

Olah foto untuk menghidupkan momen

Setelah foto dihasilkan, kamu masih bisa mengolah foto-foto tersebut sehingga hasilnya makin memukau. Misalnya, kamu ingin menghapuskan objek foto lain yang tak sengaja atau mau tak mau ikut terekam. Gunakan tools editing bernama Object Eraser. Berikut caranya:

Buka foto yang hendak diolah dari GalleryKlik ikon gambar pensilKlik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atasLingkari objek yang hendak dihapusKlik tombol eraseObject Eraser - Samsung Galaxy A54 5G.JPG. (Samsung)Object Eraser - Samsung Galaxy A54 5G.JPG. (Samsung)

Software kamera Samsung Galaxy A54 5G akan langsung menghapus objek yang sudah kamu lingkari dengan rapih.

Saat kamu merekam video dengan kamera Samsung Galaxy A54 5G kamu bisa meningkatkan hasilnya makin menarik dengan color grading.

Caranya, pergi ke Gallery, pilih file video yang mau diedit. Pilih menu Edit lalu pilih logo filter >> pilih tanda + dan kemudian Create Filter >> pilih foto dari Gallery yang punya referensi warna yang kamu inginkan. Filter siap digunakan, maka sorotlah.

Selanjutnya, atur Exposure untuk menyesuaikan tingkat kecerahan video dan Contrast agar ketebalan warna berkurang. Lalu, kurangi Shadows untuk meningkatkan kecerahan pada sisi bayangan yang terlalu gelap.

Langkah selanjutnya, atur Tint menjadi minus untuk mendapatkan efek warna agak hijau. Terakhir, atur temperatur ke arah Warm agar mendapatkan kesan warna kuning.

Itulah tips simpel untuk menghasilkan foto yang memukau hanya dengan settingan default atau normal. Samsung Galaxy A54 5G yang mempunyai layar Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+ ini muncul dengan formasi triple camera, yaitu 50MP dengan OIS dan sensor All-Pixel AF, lensa ultra-wide 12MP, lensa makro 5MP, dan selfie camera 32MP. Performanya ditopang prosesor Octa Core, memori RAM 8GB dengan RAM Plus 8GB, dan baterai 5.000 mAh yang tahan lebih dari sehari pemakaian.

Comments