Tips Masak Jengkol agar Tidak Bau

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Masak Jengkol agar Tidak Bau

Tips Masak Jengkol agar Tidak Bau

KEPONEWS.COM - Tips Masak Jengkol agar Tidak Bau Hampir sebagian masyarakat Indonesia pasti mengetahui dan menyukai jengkol. Makanan yang termasuk polong - polongan ini dikenal dengan bau semerbaknya. Oleh karena itu, beragam cara dapat dilakukan ag...

Hampir sebagian masyarakat Indonesia pasti mengetahui dan menyukai jengkol. Makanan yang termasuk polong - polongan ini dikenal dengan bau semerbaknya. Oleh karena itu, beragam cara dapat dilakukan agar bau menyengat dari tumbuhan khas Asia Tenggara ini hilang.

Mempunyai nama latin Pithecollobium Labatum ini tumbuh di banyak sekali wilayah Indonesia. Biasanya jengkol dimasak dengan menu semur, balado, keripik, dan lainnya. Walaupun mempunyai bau yang menyengat, penggemar jengkol tidak berkurang dan terus bertambah.

Melansir dari News MNC Tv, Fatoni selaku pemilik Republik Jengkol memberikan saran, "Rendam selama sehari semalam kemudian kupas kulitnya supaya rempah - rempah yang di presto meresap tepat. Nanti pas matang, bau menyengat jengkol akan hilang."

Pemilik Restoran Jengkol

Dia menambahkan, "Saya tidak merendamnya dengan air kapur karena akan merubah rasa. Jadi sudah tidak legit, tidak enak. Tapi kalau pakai rempah alami, rasa akan tetap ada dan bau hilang."

Intip Foto Prewedding Nikita Willy-Indra Priawan Bernuansa Klasik dan Elegan

Rempah yang digunakan untuk menghilangkan bau menyengat jengkol yaitu jahe, lengkuas, sereh, daun salam, dan daun jeruk. Pertama, geprek jahe hingga tipis kemudian masukkan jengkol dan rempah lainnya ke dalam panci. Tambahkan air kemudian masak hingga matang.

Jengkol

"Masak jengkol kalau di presto hanya satu jam tapi kalau di tungku biasa memakan waktu empat jam. Setelah direbus, baunya sudah hilang namun rasanya tetap ada. Dan jengkol dapat diolah sesuai keinginan," tambahnya.

Merebus jengkol sebelum diolah menjadi masakan lain, membuat dagingnya empuk dan menghilangkan bau. Jadi, saat mengonsumsinya tidak perlu khawatir akan mulut bau. Kamu dapat mencoba resep ini di rumah ya dan semoga bermanfaat.

(hel)

Comments