[Tips] Lebih Praktis Tanpa Antre, Inilah Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

[Tips] Lebih Praktis Tanpa Antre, Inilah Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online

[Tips] Lebih Praktis Tanpa Antre, Inilah Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online

KEPONEWS.COM - [Tips] Lebih Praktis Tanpa Antre, Inilah Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online Implementasi kemajuan teknologi oleh pemerintah sudah semakin luas guna mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengurus banyak hal. Salah satunya merupakan pembuatan serta perpanjangan Surat Izin Meng...
Loading...

Implementasi kemajuan teknologi oleh pemerintah sudah semakin luas guna mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengurus banyak hal. Salah satunya merupakan pembuatan serta perpanjangan Surat Izin Mengemudi alias SIM. Tidak seperti dulu, kini Kamu bisa mengurus SIM secara online.

[Tips] Lebih Praktis Tanpa Antre, Inilah Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online 11Sumber: Caroline.id

Perlu digarisbawahi yang dimaksud online di sini ialah Kamu tidak perlu lagi antre panjang dan bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bukan cuma itu, kelebihan registrasi SIM Online ialah Kamu bisa mendaftar kapan saja dan di mana saja, serta bebas memilih tanggal kedatangan sesuai keinginan.

Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi) juga telah terhubung secara online, sehingga Kamu bisa membuat atau memperpanjang SIM di semua Satpas tanpa harus sesuai dengan KTP domisili. Asalkan, Satpas yang Kamu tuju memang sudah mendukungan layanan SIM Online. Yang harus diketahui, layanan SIM online hanya tersedia untuk golongan SIM A dan SIM C.

Nah, bagaimana cara membuat atau memperpanjang SIM Online? Yuk, simak langkah-langkah mudahnya:

1. Kamu wajib melakukan registrasi terlebih dahulu melalui website https://sim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi.

2. Isi formulir yang tersedia dan pilih opsi sesuai dengan kebutuhan Kamu, apakah akan membuat SIM baru atau memperpanjang. Masukkan juga alamat email dan data-data yang lainnya.

3. Bagi Kamu yang ingin membuat SIM baru, setelah mengisi data-data yang diharapkan Kamu akan mendapatkan nomor antrean serta jadwal untuk melakukan tes. Untuk perpanjang SIM bisa langsung dilakukan dan tidak perlu jadwal khusus.

See also

4. Kalau Kamu sudah mendapatkan nomor registrasi melalui email, langkah selanjutnya ialah melakukan pembayaran lewat Bank BRI.

5. Nantinya bukti pembayaran bisa diperlihatkan kepada petugas ketika Kamu membuat atau memperpanjang SIM.

Bagaimana? Mudah dan praktis kan? Yang paling penting, lewat layanan ini Kamu tidak perlu repot mengantre dan bisa lebih fleksibel mengatur waktu sesuai dengan kesibukan Kamu. Semoga berita kali ini bermanfaat!

Comments